PT Schering-Plough Indonesia Tbk


phto0044

Last update: June 11, 2018

Jika Anda sakit asma atau common cold pasti kenal dengan merek ini: Nasonex, Afrin, Asmanex, dll. Ya, produk-produk tersebut adalah buatan PT Schering Plough. Perusahaan yang kantor pusatnya di Mayapada Tower, Jl Jend Sudirman Kav 28, 10/F, Jakarta 12920, punya pabrik produksinya Jl. Pandaan KM 48, Pasuruan, Jawa Timur. PT SPI beda lho ma PT Schering AG yang tahun 2006 kemarin merger ma Bayer menjadi PT Bayer Schering Pharma.

Kalo pengen tau produk2 PT SPI, klik di sini.

Ternyata situs yang PT SPI tak cari2 gak ada, yang ada Schering Plough Corporation

Senang sekali dalam waktu 1 bulan ke depan, aku di kasih kesempatan ma Fakultas untuk PKL di sana. Semoga saya bisa banyak belajar di perusahaan ini. Amin

Dari kiri ke kanan: Sarmoko (UGM), Rina (UKWM), Haryadha (UGM)

Sejarah dan perkembangan PT Schering-Plough Indonesia Tbk

Perusahaan ini pada mulanya bernama Essex Indonesia yang berdiri pada November 1972, merupakan usaha patungan Schering Corporation yang bergerak di bidang farmasi berkantor pusat di Amerika Serikat, dengan pengusaha swasta. Pada tahun 1974, Plough Inc, sebuah perusahaan konsumen di Amerika Serikat, menambahkan sejumlah modal untuk membiayai konstruksi pabrik di Pandaan, Jawa Timur, yang mengawali produksi komersil produk farmasi tahun 1975.

Pada tahun 1976 memproduksi produk steril, tahun 1979 memproduksi bahan baku Gentamisin karena aturan pemerintah yaitu perusahaan farmasi harus memproduksi minimal satu jenis bahan baku sendiri. Pada tahun 1982 mulai mengekspor produk ke negara Hongkong, Malaysia, Taiwan, Thailand, Singapura, Bangkok, dan Sri Lanka.

Pada tahun 1984, sebesar 20% ekuitas yang belum dibayar oleh PT Esex Indonesia dipenuhi lagi oleh PT Aseam Indonesia untuk memenuhi jadwal BKPM. Sejalan dengan perubahan pemegang saham, komposisi pemegang saham menjadi: Schering-Plough International Inc. (50%), Plough Inc (20%), Rekanan Indonesia (5,2%) dan PT Aseam Indonesia (24,8%).

Pada tahun 1989, dibuat perjanjian antara Schering A.G. dari Berlin Barat, Jerman Barat, dan Schering-Plough Corporation dari New Jersey, Amerika Serikat, yang mengakibatkan PT. Essex Indonesia berubah nama menjadi PT. Schering-Plough Indonesia di bulan Juni 1990. Pada Juli 1990, sebagai refleksi fokus baru dalam tujuan perusahaan, Plough Inc., salah satu pemegang saham mengubah namanya menjadi Schering-Plough Healthcare Product Inc. Secara bersamaan, ekuitas yang dipegang oleh PT Aseam dijual kepada khalayak umum Indonesia dalam bentuk penawaran saham perdana melalui Bursa Efek Indonesia.

Pada Agustus 1994, saham yang dimiliki oleh rekanan Indonesia juga didaftarkan pada Bursa Efek Indonesia dan perusahaan mulai menerapkan CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik). Pada tahun 1995, PT. Schering-Plough Indonesia go public dan berganti nama menjadi PT. Schering-Plough Indonesia Tbk. Pada tahun 1997 produksi bahan baku kimia dihentikan karena proses pembuatannya yang mahal. Fasilitas steril dan tablet salut juga ditutup pada bulan Januari dan Februari 2002. Pada bulan Maret 2002 PT. Schering-Plough Indonesia Tbk. melakukan instalasi VMP (Vacuum Mixing Plant).

Pada bulan Maret 2009, Schering-Plough merger dengan Merck menjadi Merck Sharp Dohme (MSD). Artikel selengkapnya klik:

Merger besar-besaran Merck dan Schering-Plough

31 thoughts on “PT Schering-Plough Indonesia Tbk

  1. Sore mas..
    Mau tanya, untuk pkpa lebih disarankan di Schering atau Kimia Farma ya? Makasih

  2. Saya pengen sekali bekerja di perusaan farmasi ini.klo msh ada lowongan saya berharap bisa di hub di no 08995988337 saya lulusa SMA N 01 Pandaan

  3. Selamat sore
    saya Kalvani dari Elektro Industri PENS Surabaya
    oh iya mas minta CP HRD di pabrik ini kalau ada
    soalnya saya coba masukin proposal buat KP disana
    tp bingung kalo semisal gak ada kenalan disana
    makasih
    mungkin dikirim di email saya
    septiankalvani@gmail.com

  4. Salam Kenal,

    Mau tanya Pak, Distribusi dan Logistics di Jakarta ada gak ya Pak dan kalau untuk ke sumatera ada gak pengirimannya? (mohon Infonya). Trims salam

    1. pak boleh minta alamat email perusahan scaring plough?

      saya pngen berkarir d perusahaan ini,
      saya lulusan SMAN 1 PANDAAN
      dan sedang mengikuti kuliah ekstensi di universitas wijaya putra kampus 3 prigen.
      jurusan ekonomi.
      mohon bantuannya

  5. saya kenal dgn schering plough dri mr angus davidson and paul anthony…. sya penasaran bsa gak apply k pt ini

  6. Apa ada informasi tentang lowongan pekerjaan di PT. PT Schering-Plough Indonesia?

    terima kasih atas waktunya

    1. Maaf pak/ bu apa ada lowongan untuk tenaga elektrical, mekatronik. Mohon infonya

    1. dari terminal bungur asih/purabaya, cegat saja bus arah ke malang. Semua bus akan lewat jalan depan PT Schering. Lokasi pabrik tepat di jalan raya, aksesnya sangat mudah kok. Lokasi di Pandaan, depan masjid Kalitengah. Atau para sopir lebih populer nama Essex (dulu perusahaan ini namanya Essex). Atau naek travel akan lebih mudah sekali…

  7. salam,,

    wah saya jd inget pas kunjungan di schering plough pandaan walaw cuma senbentar,emang keren & mereka mau berbagi ilmu. Sempet diajak jalan2 jg ke proses produksinya

    kalau saya lebih tertarik distribusi & logistik di schering plough,mungkin bs di share..

    terima kasih

  8. met kenal kak..kak, louis bln maret ini mau PKPA di sana..kalo bole tau buku apa aj yaw yg perlu dibawa buat literatur disana?? thx b4

    1. salam kenal juga. dari farmasi mana nih btw? bawa aja laporan tahun lalu, beres deh …

  9. maph maz maw tanya,
    bza ngasih tau tentang pengadaan material pada PT Schering Plough Indonesia g?
    trima kasih

  10. saya mau tanya kenapa peredaran subutex ditarik, saya khawatir banyak pecandu yang kembali memakai putae atau pasar gelap obat makin merajalela dan harganya mahal, jadi mohon dipertimbangkan, karena subutex sangat membantu sekali. terima kasih

  11. Huwaah…baca artikel kamu jd keinget masa2 d SPI..

    btw kapan PKP disana??
    aku dl sempet kerja disana, skrg uda pindah k Meiji..hehe,,

    1. selamat datang di blog Moko Apt. PKP di sana bulan Februari 2009. Wah, di departemen apa mbak? dapet salam dari mas ali tuh…

    1. Maaf mas anggun, tuh obat dibikin di luar negeri. Yg dijual di Indonesia impor, jadi saya pas PKL tidak pernah melihat produksinya.

  12. dear Mr.moko
    Saya mau bertanya apakah PT Schering Plough, menyediakan bahan baku testosteron undecanoat dan medroksi progesteron asetat,, sekarang saya sedang penelitian unk male kontraseption.
    Terima kasih.

    1. sebelumnya mohon maaf ibu yuli, sepertinya saya tidak bisa menjawab pertanyaan ini karena saya hanya mahasiswa PKL di sana. Oya bu, Schering ada 2 macam yaitu Schering-Plough dan Bayer Schering Farma. Sepertinya yang memproduksi obat-obat hormonal adalah Bayer Schering Farma. Kalo SPI sendiri kebanyakan obatnya untuk penyakit alergi

    2. Assalamu’alaikum
      Maaf,,saya belum ibu2 he2,,
      terima kasih banyak atas informasinya..
      Wassalamu’alaikum

  13. salam kenal,
    saya apin, mhsiswa program profesi apoteker unpad 2009,
    gmn pengalamannya PKL di Schering? Sharing dooong..
    Eia, pabrik yg di Pandaan kan yah? Saya jg berencana PKL disana.. makasiii,,

    1. Wow seru banget di sana. Banyak ilmu yang bisa di ambil, lantaran dikelola secara profesional dan tidak pelit untuk berbagi ilmu. Salam buat bapak Sentot ya…

  14. Dear,

    salam kenal…

    saya bth informasi ttg SPI, bisa bantu?as sson as possible

    many thx

Leave a comment