Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan


14 Comments

Tentang Blog: Terima Kasih Atas Apresiasinya

Selamat datang di Moko Apt. Saya ucapkan terima kasih kepada para pembaca atas apresiasinya terhadap blog ini. Blog ini dibuat pada bulan Juni 2008. Pada awalnya, hanya berisi abstrak karya tulis yang pernah saya buat tempo dulu. Kian lama kian berkembang ke tulisan fresh tentang marketing farmasi yang kian menarik aja untuk dibahas. Juga menghadirkan topik kesehatan terutama obat-obat yang sering dipakai di masyarakat, baik obat modern maupun obat herbal. Tulisan-tulisan di blog ini sering saya update, jadi harap pembaca tidak bosan-bosan berkunjung ke blog ini. Terima kasih atas masukan-masukan, diskusi, dan sarannya. Partisipasi aktif dari pembaca sangat diharapkan. Dan terakhir, ayo jangan takut menulis dan bagi lah pengetahuan yang Anda punyai untuk orang lain.

Sarmoko, Apt


Leave a comment

Kisah Petualang

akhir pekan, sendirian, ga ada agenda keluar, pegang laptop, denger lagu.

Itulah kata kunci edisi pagi ini dan entah gimana ceritanya di Youtube kok sampe lagu karya Melly  “Pecinta Wanita”. Apa elu suka lagu ini? Ga juga. Cuma inilah hebatnya lagu, dimana kita mendengar pada suatu waktu, dia akan menarik ke memori masa lalu sewaktu lagu itu didengar, suatu momentum berkesan yang seolah-olah ga pernah lupa untuk diingat atau diceritakan berulang-ulang. Continue reading


Leave a comment

Mengulas Masjid di Purwokerto

Menjelang Ramadhan, saatnya mempersiapkan lahir dan batin untuk meningkatkan amalan kita. Nah, di edisi jalan-jalan kita kali ini, kita ulas beberapa masjid di Purwokerto dan sekitarnya (yang pernah ane sambangin tentunya).

1. Masjid Unwiku

Masjid ini spesial bgt. Bersih, adem, dan bikin betah. Entah beberapa kali ke masjid ini, walau harus menempuh perjalanan lebih dari 5 km dari rumah. Lokasinya samping Unwiku. Masjid ini adalah hibah dari Yayasan Pancasila (punyanya Pak Harto), jadi khas banget artsiteknya penuh dengan simbol-simbol Pancasila. Model masjid ini yang ada di Purwokerto adalah masjid Unsoed dan masjid UMP lama. Halaman masjidnya ditata dengan rumput hijau yang bersih. Jalanan depan yang beraspal mulus, dan ga begitu rame. Tempat favorit di teras samping kiri, disediakan minuman gratis dan bisa selonjor bebas. Biasanya sebelum ke sini, beli batagor dulu ato KFC abal-abal, dimakan sambil nunggu Magrib.

IMG_0653

credit: dok pribadi, bareng prima andika citra

Continue reading


1 Comment

Menjelajah Daerah Plat Z (1)

Plat Z, semula kudu loading dulu ini motor dari daerah mana? Tapi semenjak pindah ke Purwokerto dimana motor plat Z berteberan di parkiran kampus, sekarang udah sangat familiar. Sebenarnya nomor kendaraan di Indonesia adalah warisan yang menggunakan kode wilayah berdasarkan pembagian wilayah karesidenan. Dan untuk plat Z sendiri adalah untuk eks-karesidenan Parahyangan Timur, meliputi kabupaten/kota: Sumedang, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran. Continue reading


Leave a comment

Faktor-faktor penentu pendosisan glukokortikoid

Daniel E Furst, Kenneth G Saag

Glukokortikoid alami dan sintetis (juga disebut steroid) dapat digunakan untuk berbagai gangguan. Agen ini yang paling sering diberikan dalam dosis farmakologis untuk mengelola kondisi yang memerlukan penekanan inflamasi. Steroid kadang digunakan untuk menegakkan diagnosis dan penyebab sindrom Cushing, dan untuk penggantian hormon pada insufisiensi adrenal dan hiperplasia adrenal kongenital. Continue reading


Leave a comment

Discussion: Mapping Genomes

  1. Why are maps required for the sequencing of genomes? If a map of a genome was unavailable, what would be the major difficulties in obtaining a genome sequence?

Answer

A genome map provides a guide for the sequencing experiments by showing the positions of genes and other distinctive features. If a map is unavailable then it is likely that errors will be made in assembling the genome sequence, especially in regions that contain repetitive DNA. Continue reading

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 199 other followers