Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan


Leave a comment

Kisah Petualang

akhir pekan, sendirian, ga ada agenda keluar, pegang laptop, denger lagu.

Itulah kata kunci edisi pagi ini dan entah gimana ceritanya di Youtube kok sampe lagu karya Melly ¬†“Pecinta Wanita”. Apa elu suka lagu ini? Ga juga. Cuma inilah hebatnya lagu, dimana kita mendengar pada suatu waktu, dia akan menarik ke memori masa lalu sewaktu lagu itu didengar, suatu momentum berkesan yang seolah-olah ga pernah lupa untuk diingat atau diceritakan berulang-ulang. Continue reading


Leave a comment

Mengulas Masjid di Purwokerto

Menjelang Ramadhan, saatnya mempersiapkan lahir dan batin untuk meningkatkan amalan kita. Nah, di edisi jalan-jalan kita kali ini, kita ulas beberapa masjid di Purwokerto dan sekitarnya (yang pernah ane sambangin tentunya).

1. Masjid Unwiku

Masjid ini spesial bgt. Bersih, adem, dan bikin betah. Entah beberapa kali ke masjid ini, walau harus menempuh perjalanan lebih dari 5 km dari rumah. Lokasinya samping Unwiku. Masjid ini adalah hibah dari Yayasan Pancasila (punyanya Pak Harto), jadi khas banget artsiteknya penuh dengan simbol-simbol Pancasila. Model masjid ini yang ada di Purwokerto adalah masjid Unsoed dan masjid UMP lama. Halaman masjidnya ditata dengan rumput hijau yang bersih. Jalanan depan yang beraspal mulus, dan ga begitu rame. Tempat favorit di teras samping kiri, disediakan minuman gratis dan bisa selonjor bebas. Biasanya sebelum ke sini, beli batagor dulu ato KFC abal-abal, dimakan sambil nunggu Magrib.

IMG_0653

credit: dok pribadi, bareng prima andika citra

Continue reading


1 Comment

Menjelajah Daerah Plat Z (1)

Plat Z, semula kudu loading dulu ini motor dari daerah mana? Tapi semenjak pindah ke Purwokerto dimana motor plat Z berteberan di parkiran kampus, sekarang udah sangat familiar. Sebenarnya nomor kendaraan di Indonesia adalah warisan yang menggunakan kode wilayah berdasarkan pembagian wilayah karesidenan. Dan untuk plat Z sendiri adalah untuk eks-karesidenan Parahyangan Timur, meliputi kabupaten/kota: Sumedang, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran. Continue reading