Category: CAMPUS

Lomba bikin desain maskot kampus NAIST, berhadiah 39 juta

Lomba bikin desain maskot kampus NAIST, berhadiah 39 juta

Saat ini, kampus ane NAIST, Nara Institute of Science and Technology, Japan sedang mencari desain karakter maskot resmi sebagai sarana untuk promosi kampus. Desain maskot akan akan digunakan untuk kegiatan PR seperti acara, poster, selebaran, situs web, SNS, publikasi, dll. Continue reading “Lomba bikin desain maskot kampus NAIST, berhadiah 39 juta”

Advertisements

Tips sukses kuliah farmakologi

Saya berkenalan dengan Farmakologi waktu semester 3. Kala itu mata kuliah ini ada 3 SKS plus praktikum 1 SKS. Lumayan gemuk memang. Terus ditambah lagi ada mata kuliah Farmakologi Molekuler di semester 5. Bagaimanakah tips sukses kuliah Farmakologi? Adakah situs pembelajaran yang bisa membantu mahasiswa untuk belajar lebih mudah?

Continue reading “Tips sukses kuliah farmakologi”

Ebook gratis dan legal

Last update: June 29, 2018

Dikumpulkan secara telaten dari berbagai sumber: (akan terus diupdate)

 

Link bagus gratis:

Buku tidak gratis:

Buku bagus rekomendasi untuk mahasiswa farmasi/kedokteran (silahkan beli di Amazon)

  • Goldman-Cecil Medicine, Twenty-Fifth Edition (2018)
  • Brody’s Human Pharmacology FIFTH EDITION (2010)
  • Comprehensive Dermatologic Drug Therapy Third Edition (2013)
  • Clinical Immunology: Principles and Practice, Fifth Edition (2019)
  • Smith and Aitkenhead’s Textbook of Anaesthesia, Sixth Edition (2013)
  • Reference Module in Biomedical Sciences (2007)
  • Rang & Dale’s Pharmacology, Eighth Edition (2016)
  • Molecular Basis of Cancer, The

    Fourth Edition

Apoteker tertinggal jauh oleh perawat dalam hal menulis buku

Apoteker tertinggal jauh oleh perawat dalam hal menulis buku

Last update: May 31, 2018

Jika melihat profesi lain dalam tulis menulis, profesi perawatlah yang paling produktif (menurut saya). Alasannya, saat saya masuk toko Gramedia, di lemari kesehatan, banyak sekali buku keperawatan yang ditulis oleh perawat. Kemudian disusul non-tenaga kesehatan tapi nulis buku kesehatan, baru deh apoteker. Continue reading “Apoteker tertinggal jauh oleh perawat dalam hal menulis buku”

Farmasi onkologi: Peran apoteker dalam perawatan pasien kanker

Farmasi onkologi: Peran apoteker dalam perawatan pasien kanker

Last update: May 30, 2018

Hal-hal berikut dimana apoteker bisa berperan dalam perawatan pasien kanker:

  1. aspek farmakologi dan farmakokinetika antineoplastik dalam mencegah dan menangani toksisitas obat, termasuk dosis
  2. terapi suportif: antiemetik, analgesik, antiinfeksi, nutrisi, dll
  3. penanganan sitotoksik (ref, catatan kuliah dari dosen)

Continue reading “Farmasi onkologi: Peran apoteker dalam perawatan pasien kanker”

Soal latihan biologi molekular

Soal latihan biologi molekular

Last update: May 26, 2018

Suatu hari ada mahasiswa mengirim sekumpulan soal biomol untuk dibahas (saya ga tau dia dapat dari mana). Soal-soalnya menarik, tapi ini bukan tipe soal saya. Soal-soal ini saya kategorikan susah kalau untuk mahasiwa S1. Kapan-kapan ya nanti saya bahas. Soal yang berwarna biru menarik untuk dibahas karena erat kaitannya dengan biomedis/kedokteran/klinis. Yang mau urun jawaban juga boleh. Continue reading “Soal latihan biologi molekular”