Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan


Leave a comment

f1000, adakah yang pernah coba?

 

f1000 atau faculty1000 adalah website yang berisi rekomendasi artikel di bidang biologi dan kedokteran. Seperti kita tahu bahwa setiap hari ribuan artikel diterbitkan per harinya di PubMed, hingga kita kewalahan artikel mana yang kudu dibaca. Ketika kita bingung artikel mana yang penting yang banyak dibaca orang, atau ada artikel bagus yang perlu kita tahu, maka f1000 adalah solusinya.

Bayangkan f1000 semacam imdb (kalau untuk film). Di sana, artikel pada jurnal tertentu direview lalu diberi score 1-3 oleh staf faculty member f1000, yaitu kumpulan pakar-pakar sesuai bidangnya yang terdiri dari lebih 7000 pereview. Menariknya, juga ada kategori artikel sesuai apa minat riset kita, misal imunologi, cell signaling, pharmacology, neurosains, dsb.

  • Jadi, mau jurnal club dan bingung mau presentasi artikel apa, f1000 adalah sangat recommended.
  • Mau tau sekilas isi paper tertentu dengan bahasa yang lebih mudah atau di-extended ga hanya sebatas abstract, cukup ketik judul arikel di search.
  • Pengen update sesuai minat riset kita, klik kategori/spesialis, dan akan muncul ribuan review karena website ini diupdate setiap hari.

Menarik bukan, dan jangan ragu lagi kunjungi situs ini. Sayangnya ga gratis selamanya saudara-saudara, free trial 1 bulan. Untuk bisa akses terus biaya langganannya sekitar 9 $/bulan, atau karena kita mahasiswa dapat diskon 50% dengan cara mengunggah kartu mahasiswa ketika daftar. Manfaat yang besar yang bisa dinikmati sebulan hanya dengan seharga setara bento pak Dedi sekali makan siang. Apalagi kalo patungan dan dibagi 10 orang, wah itu mah lebih cerdas lagi.

Salam, selamat belajar, dan happy week-end.

Nara, September 2017.

Screen Shot 2017-09-08 at 23.35.58Screen Shot 2017-09-08 at 23.36.36.png

 

Advertisements


Leave a comment

Mencari Artikel Jurnal dari NCBI

Di leb, ada kegiatan jurnal club tiap pekan. Jurnal yang dipakai Cell, Nature, atau Science (dashyat ga tuh). Paper yang dipakai kudu relevan dengan leb kita atau topik riset kita. Nah bagaimana mencari artikel dengan topik tertentu dari jurnal2 tsb lewat NCBI? Begini caranya.

Buka ncbi, ini situsnya: http://www.ncbi.nlm.nih.gov

Klik Pubmed di Popular Page (kolom kanan atas).

Klik

Masukkan nama jurnalnya, misal Nature

Lalu masukkan kata kuncinya di Title words, misal adhesion.

Klick Search.

Selamat mecoba !!


1 Comment

UpToDate

Sharing pengalaman: saya mau berbagi pengalaman tentang pemakaian suatu portal informasi kesehatan. Saya bukan bagian tim promosi dari UpToDate, itu yang penting, hanya sharing aja. Mulai pekan lalu saya bisa mengakses portal tersebut, lumayanlah isinya. Ada 22 kategori spesialis, total artikelnya mungkin sekitar 10.000. Sy juga buka ClinicalKey dan DynaMed EBSCO, untuk membandingkan. Ternyata UpToDate yg paling lumayan. Continue reading


Leave a comment

Tips Sukses Kuliah untuk Mahasiswa Baru

cara_sukses_belajar_di_perguruan_tinggiMahasiswa baru, bisa dikatakan masih “anak SMA”. Baik pola pikirnya, kebiasaan, dan kadang tingkah lakunya. Namun ini ga berlangsung lama setelah mengenyam perkuliahan, praktikum, dsb. Ada banyak mahasiswa yang cepat beradaptasi dengan dunia kampus, ada yang biasa-biasa saja, ada yang sulit juga adaptasi dengan sistem kuliah. Yang jelas terdapat perbedaan nyata antara SMA dengan kuliah, baik dari waktu, sistem akademik, kemandirian belajar, atmosfer tempat belajar, dll. Ditambah lagi kalau mahasiswa baru (Maba) adalah anak kost, alias jauh dari orang tua. Continue reading