Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Dexa Medica Jalin Kerjasama dengan Celltrion Inc.

Selasa, 09 Juni 2009
Oleh : Taufik Hidayat

Korea Selatan merupakan mitra kerja penting dan strategis bagi Indonesia, pada khususnya, dan bagi Asean pada umumnya. Demikian diungkapkan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada Asean-South Korea Meeting, pada 1-2 Juni 2009, di Jeju Korea Selatan. Kerjasama yang terjalin meliputi, antara lain di bidang politik, keamanan, ekonomi, integrasi regional ASEAN, pertukaran sosial dan budaya, kerjasama regional dan internasional, kerjasama dalam menghadapi berbagai isu global, dan kerjasama di wilayah Asia Timur.

Sebagai bentuk implementasi kemitraan yang strategis antara Indonesia dengan Korea Selatan di bidang ekonomi, maka PT Dexa Medica dan Celltrion Inc. dari Korea Selatan, menandatangani kerjasama pemasaran dan distribusi produk-produk berteknologi tinggi, terutama yang berbasis produk bioteknologi. Dalam hal ini, pihak Celltrion Inc. sebagai produsen, adapun pihak Dexa Medica yang akan memasarkannya. Sedangkan distribusi akan dilakukan oleh Anugrah Argon Medica (AAM) yang merupakan bagian dari Dexa Medica Group. Naskah kerjasama ditandatangani oleh Managing Director PT Dexa Medica, Ferry Soetikno dan CEO & Chairman Celltrion Inc., Jung-Jin Seo.

Menurut Ferry, dengan penandatanganan kerjasama dengan Celltrion Inc., maka pihak Dexa Medica akan melakukan registrasi ke Badan POM (Badan Pengawas Obat dan Makanan RI.), dan setelah mendapat nomor registrasi, maka akan memasarkannya ke wilayah Indonesia.

Dexa Medica dipercaya memasarkan produk bioteknologi dari Celltrion Inc., tentunya menjadi tonggak sejarah baru bagi Dexa Medica, karena untuk dipercaya memasarkan produk dengan teknologi tinggi yang dihasilkan oleh perusahaan sekelas Celltrion Inc. tentu saja, melalui pertimbangan yang matang dan mitra kerjanya memiliki sejumlah kompetensi dan nilai tambah.

Ferry menambahkan, Dexa Medica dipilih Celltrion Inc. untuk memasarkan produk bioteknologinya, karena Dexa Medica memiliki kompetensi dan nilai tambah, seperti memiliki pengalaman yang luas dalam hal aliansi strategis dengan sejumlah perusahaan multi nasional, memiliki pengalaman dalam hal memasarkan produk-produk yang berbasis bioteknologi, pabrik Dexa Medica memenuhi syarat dan telah berpengalaman memproduksi produk injeksi dan memiliki distributor farmasi dan alat kesehatan yang mempunyai infrastruktur yang kuat dalam hal distribusi produk biologi.

“Dengan kerjasama antara perusahaan farmasi nasional Dexa Medica dengan Celltrion Inc. ini, maka Dexa Medica telah ikut berpartisipasi mengimplementasikan kemitraan strategis di bidang ekonomi, antara perusahaan dari Indonesia dengan perusahaan dari Korea Selatan. Saya juga berharap, dengan kerjasama ini, akan terjadi transfer of technology,” ujar Ferry.

(swa)
URL : http://www.swa.co.id/primer/manajemen/strategi/details.php?cid=1&id=9249

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s