Buku Transduksi Sinyal bagus

Buku Transduksi Sinyal bagus


Dulu sewaktu semester 3, ada kuliah Biologi molekular setelah mid semester. Nah materinya kok seru banget ya, tentang transduksi sinyal. Dulu excited banget, padahal pelajarannya masih dasar, kayak signaling-nya Ras, MAP Kinase, GPCR, dll. Dari pengalaman itu, ternyata berbuntut panjang. Pengajar di bab tersebut akhirnya beliau menjadi dosen pembimbing skripsi dan master saya. Dan kini studi S3 saya malah kecantol di Lab Molecular Signal Transduction. Ini kebetulan apa emang jalannya gini ya?

Nah, pada waktu itu searching-searching tentang transduksi sinyal, ternyata ketemu ebook bagus banget. Ada 13 bab, yang semuanya berwarna dan sangat lengkap, malah terlalu lengkap untuk waktu itu hingga ga faham.

Dan hari ini, ketemu ma ebook itu lagi setelah ga pernah dibuka belasan tahun. Pantes saja dulu ga ngerti, ternyata ebook itu tingkatannya untuk pembaca advance, bukan untuk mahasiswa S1 semester 3. Dan ini saya bagi ke pembaca sekalian, karena ebook ini gratis dan legal kok.

Berikut cuplikan isi bab-babnya (di dapat dari sumber sekunder, Auburn University USA).

Modul 01 – Pendahuluan

Modul ini mendeskripsikan pensinyalan sel dalam konteks biologinya. Telah terjadi ledakan dalam karakterisasi komponen dan jalur sinyal. Tantangan besar berikutnya adalah memahami bagaimana sel mengeksploitasi toolkit pensinyalan besar ini untuk merakit jalur sinyal khusus yang mereka perlukan untuk berkomunikasi satu sama lain.

Modul 02 – Jalur Pensinyalan Sel

Sel menggunakan sejumlah besar jalur pemberian sinyal yang didefinisikan dengan jelas untuk mengatur aktivitas mereka. Modul ini memfokuskan pada mekanisme ON yang bertanggung jawab untuk mentransmisikan informasi ke dalam sel.

Modul 03 – Kanal Ion

Kanal ion memiliki dua fungsi sinyal utama: dapat menghasilkan kurir kedua (second messenger) atau dapat berfungsi sebagai efektor dengan merespon kurir tersebut.

Modul 04 – Sensor dan Efektor

Jalur pensinyalan mengatur proses seluler dengan bertindak melalui sensor untuk menstimulasi efektor hilir (downstream) yang bertanggung jawab untuk mengontrol proses seluler yang berbeda.

Modul 05 – Mekanisme OFF

Jalur pensinyalan terdiri dari mekanisme ON yang menghasilkan sinyal internal dan mekanisme OFF yang menghilangkan sinyal-sinyal ini ketika sel-sel pulih dari stimulasi.

Modul 06 – Aspek Spasial dan Temporal dari Singnalling

Fungsi dan efisiensi jalur sinyal sel sangat tergantung pada organisasinya baik dalam ruang dan waktu. Berkenaan dengan organisasi spasial, komponen signaling sangat terorganisasi sehubungan dengan lokasi seluler mereka dan bagaimana mereka mengirimkan informasi dari satu area sel ke yang lain.

Modul 07 – Proses Seluler

Jalur pensinyalan menggunakan sistem messenger yang berbeda yang bertindak melalui sensor dan efektor tertentu untuk mengendalikan berbagai jenis sel

Modul 08 – Perekembangan

Perkembangan mencakup program peristiwa yang dimulai dengan pembuahan dan memuncak pada organisme multisel yang kompleks seperti diri kita sendiri.

Modul 09 – Siklus Sel dan Proliferasi

Proliferasi sel adalah proses di mana sel bereproduksi sendiri dengan bertumbuh dan kemudian membaginya menjadi dua salinan yang sama. Faktor pertumbuhan menggunakan berbagai jalur sinyal faktor pertumbuhan untuk mengaktifkan sel untuk memasuki siklus sel.

Modul 10 – Pensinyalan Neuronal

Sistem saraf pusat mengandung sekitar satu triliun (10 pangkat 12) neuron yang terhubung satu sama lain untuk membentuk sirkuit saraf kompleksitas membingungkan.

Modul 11 ​​- Stres Sel, Reaksi Inflamasi dan Kematian Sel

Sel memiliki mekanisme pensinyalan intrinsik yang mampu meng-indra berbagai kondisi merusak, baik normal dan patologis, dan merespon dengan berbagai respon stres.

Modul 12 – Pensinyalan yang Cacat dan Penyakit

Sejumlah besar penyakit disebabkan oleh cacat pada jalur sinyal. Sifat cacat ini dan bagaimana mereka diinduksi sangat bervariasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s