Tips sukses kuliah farmakologi


Saya berkenalan dengan Farmakologi waktu semester 3. Kala itu mata kuliah ini ada 3 SKS plus praktikum 1 SKS. Lumayan gemuk memang. Terus ditambah lagi ada mata kuliah Farmakologi Molekuler di semester 5. Bagaimanakah tips sukses kuliah Farmakologi? Adakah situs pembelajaran yang bisa membantu mahasiswa untuk belajar lebih mudah?

Hingga akhirnya pada hari ini saya membaca abstrak dari Prof Simon Maxwell untuk acara wcp2018. Website e-learning IUPHAR Pharmacology Education Project yang dikembangkan oleh IUPHAR, International Union of Basic and Clinical Pharmacology.

Farmakologi telah menjadi ilmu pengetahuan pada banyak kemajuan dalam perawatan kesehatan saat ini. Kemajuan tersebut bergantung pada keahlian di semua bidang dari farmakologi dasar melalui penelitian translasi untuk meresepkan dan memantau penggunaan obat-obatan oleh pasien.

Setiap langkah membutuhkan kontribusi individu dengan pemahaman yang jelas tentang prinsip-prinsip dasar farmakologi dan farmakologi klinis yang didukung oleh pengetahuan tentang aksi obat tertentu.

Tujuan dari IUPHAR Pharmacology Education Project (PEP) adalah untuk mendukung pengembangan keahlian ini dengan mempromosikan pembelajaran dalam farmakologi dan farmakologi klinis ke khalayak di seluruh dunia.

Tujuan khusus dari proyek ini yaitu:

  • untuk menghasilkan sumber daya yang sederhana, menarik yang mudah dicari yang akan mendukung para mahasiswa dalam belajar ilmu farmakologi dan ilmu biomedis lainnya, serta mahasiswa profesi kesehatan termasuk kedokteran, keperawatan, farmasi dan lain-lain
  • untuk membuat sumber daya yang bermanfaat tersedia bagi para pengajar farmakologi yang bertanggung jawab untuk memberikan pendidikan
  • untuk melayani kebutuhan siswa dan dosen di negara miskin sumber daya atau di mana farmakologi kurang berkembang dengan baik.

Pengembangan awal proyek ini dipimpin oleh Dewan Editorial internasional yang menyatukan individu dengan komitmen nyata untuk pendidikan farmakologi. Platform pengiriman didasarkan pada perangkat lunak Drupal yang memungkinkan Editor dan kurator senior untuk menambah dan mengedit kontribusi.

Isi proyek dibagi menjadi empat bagian:

  • Farmakologi
  • Farmakologi Klinis
  • Obat-obatan
  • Terapi

Setiap bagian dibagi menjadi ‘modul’, yang masing-masing akan berhubungan dengannya antara 4 dan 10 ‘topik’. Setiap topik akan memiliki teks ringkasan hingga 500 kata yang akan menyoroti aspek paling penting dari topik ini. Teks ringkasan ini akan memiliki sumber belajar lain yang dilampirkan (misalnya tautan web, artikel, file video dan audio, PowerPoint).

Para editor menyambut masukan dari rekan-rekan dari seluruh dunia karena kami membantu pembelajar untuk membuat tautan dengan sumber daya yang ada dan secara bertahap membuat yang baru. Tujuan utamanya adalah untuk membuat situs web yang mudah dicari yang memberi petunjuk kepada pengguna untuk sumber daya yang dapat diakses secara terbuka yang relevan dengan grup di atas.

Pengen tahu wajah beliau, ada nih dari BPS berikut ini.

 

Situs lain yang relevan: guidetopharmacology

Sumber kedua yang sangat bagus yaitu PharmaFrog

Bedanya, PharmaFrog adalah aplikasi yang bisa diunduh ke smartphone.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s