Balapan sama blognya bu Zullies: Malaikat juga tahu siapa juaranya

Balapan sama blognya bu Zullies: Malaikat juga tahu siapa juaranya


Last update: May 27, 2018

Ngeblog itu asyik, walau awalnya hobi ini ga sengaja ditemukan. Karena ditekuni terus, kini sudah 10 tahun dan udah dapet kemistrinya. Dosen ngeblog itu bagus, karena tulisannya bisa dibaca ma jutaan orang walau pembaca bukanlah mahasiswanya. 

Sayangnya, ga semua dosen bisa ngeblog. Alasannya, ga ada waktu, atau susah kalo nulis, lebih enak ngomong. Nah dalam dunia farmasi, ada beberapa blog keren yang pasti sering Anda “nyangkut” diarahkan mbah Google ke halamannya, misal blog-nya Bu Zullies Ikawati.

Siapa ga kenal beliau. Tulisannya bagus-bagus, runut, detil, dan asyiknya uptodate sesuai fakta yang sedang berkembang. Misal lagi musim minuman koplo, bu Zullies mengulas fakta dan ilmiahnya. Lagi musim pembalut mengandung zat tertentu, lagi-lagi penjelasan tuntas nan ilmiah membuka wawasan kita dengan secerah-cerahnya. Lagi musim kandungan pupuk untuk bikin produk makanan, bu Zullies membahas sampai diundang TV.

Bahkan ketika beliau mengisi kuliah tamu di Farmasi Unsoed, moderator sampe bilang gini: “Saya perkenalkan artis kita, yang saya yakin adek-adek mahasiswa udah ga asing lagi dengan blog-nya. Sering saya katakan kalo bikin laporan atau karya tulis, jangan ngutip dari blog, terkecuali blognya bu Zullies, ini adalah pengecualian” canda pak Tunggul disambut tawa mahasiswa sumringah.

Itulah bu Zullies, tetap sehat dan rajin menulis ya bu.

Entah bagaimana ceritanya, saya dan beliau pernah saling mampir ke blog masing-masing. Waktu itu trafficnya memang belum sepadat sekarang. Saya juga lupa gimana persisnya, entah siapa dulu kok ada yanga ngajak balapan jumlah pengunjung. Saya bahkan lupa ada cerita ini, tapi jadi ingat lagi sewaktu kita sama-sama jadi anggota group diskusi di facebook.

Sekarang Mei 2018, berarti Juni besok udah 10 tahun usia blog saya. Sedangkan blog beliau ternyata lebih muda beberapa bulan, yang dibuat Oktober 2008.

Nah, sekarang berapa traffiknya? Luar biasa, blog Bu Zullies sudah  mencapai 6,1 juta dengan 5883 pengikut aktif. Sementara saya blog ini jauh dibelakang di angka 4,4 juta dengan 217 pelanggan aktif.

Pelanggan blog beliau nyari 300 kali lebih banyak dibanding blog saya, itu artinya ketika ada tulisan baru dimuat, ada hampir 6000 pembaca akan mendapat notifikasi dari email dan menjadi pembaca pertama.

Jadi siapa juaranya? Ya itu jadi pertanyaan retoris sekarang. Tapi intinya bukan itu kok tujuan akhirnya. Menulis, memberi ilmu dan informasi baru ke pembaca adalah tujuan utamanya. Trafik hanyalah efek samping, yang jelas kita sama-sama memiliki visi yang sama dalam dunia blogging.

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Balapan sama blognya bu Zullies: Malaikat juga tahu siapa juaranya

  1. Setuju Pak, blognya Bu Zullies memang jadi panutan (saya juga rekomen ke mhs). Tapi saya juga banyak belajar dari blognya Pak Moko, apalagi kalau menyangkut farmakologi molekuler atau ilmu-ilmu terkait. Semangat ngeblog ya, Pak. Semoga sukses studinya.

    1. Terima kasih bu sudah mampir. Boleh bu dipromosikan terus ke mahasiswa, apalagi direkomend jadi follower, jadi tiap ada tulisan baru langsung ada notifikasi di email. Terima kasih atas doanya, sukses juga di sana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s