Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Tentang NF-kappa B

1 Comment


Faktor transkripsi NF-kB adalah protein terkenal dan saking terkenalnya sampai pusing mempelajarinya. Tapi kalo basic signalingnya kudu faham dong, misal dia membentuk dimer di sitoplasma, dalam bentuk tidak aktif karena terikat IkB, dan kalo IkB difosforilasi oleh IKK maka NF-kB jadi bebas dan aktif; nah untuk bagian ini kudu tau.

Suatu pagi buka2 facebook dari Nature Reviews Immunology, dia ngeluarin artikel baru berjudul The non-canonical NF-kB pathway in immunity and inflammation. Seru juga bagian introduction-nya, banyak hal yang tidak saya tahu, dan saya tulis di sini. Mari kita gali lebih dalam tentang faktor transkripsi ini.

Famili NF-kB terdiri dari 5 anggota yaitu NF-kB1 p50, NF-kB1 p52, RELA (p65), RELB, dan c-REL. NF-kB1 p50 dan NF-kB1 p52 dihasilkan dalam bentuk protein prekursor yaitu masing-masing p105 dan p100; keduanya memiliki region IkB homolog pada C-terminal. Pembentukan NF-kB1 p50 dan NF-kB1 p52 matang dilakukan dengan cara degradasi bagian C-terminal tersebut yang dilakukan oleh proteasom; dinamakan pemprosesan p100 atau pemprosesan p105. Pemprosesan p105 adalah konstitutif, namun pemprosesan p100 diatur dengan ketat.

Aktivasi NF-kB terjadi melalui 2 jalur signaling utama: jalur sinyal NF-kB kaninikal dan non-kanonikal. Jalur kanonikal memediasi aktivasi NF-kB1 p50, RELA, dan c-Rel; sehingga dinamakan anggota famili NF-kB kanonikal. Jalur NF-kB non-kanonikal secara selektif mengaktifkan anggota NF-kB yang terikat p100, utamanya adalah NF-kB p52 dan RELB; selanjutnya dinamakan anggota famili NF-kB non-kanonikal.

Advertisements

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

One thought on “Tentang NF-kappa B

  1. ditunggu kelanjutannya, om

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s