Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Mengenal Patologi

Leave a comment


Hari ini petugas ekspedisi ngebel rumah, antar orderan buku yang dipesan Jumat lalu. Cepet, murah, keren lah di sini. Bukunya berjudul “Robbins and Cotran Pathologic Basic of Disease 8th Edition”, oleh Kumar dkk. Edisi 8 gpp lah (bukan edisi terbaru), yang penting murah. Emang dahsyat orang sini, cuma coret-coret dikit ato lecet dikit, harga buku udah turun banget. Bahkan barcode studentconsult-nya belum di pake ma dia.

Patologi adalah studi (logos) penyakit (pathos). Patologi merupakan ilmu yang mempelajari penyakit, lebih khusus yaitu mempelajari perubahan struktural, biokimia, dan fungsional dalam sel, jaringan, dan organ yang mendasari penyakit. Dengan menggunakan teknik molekuler, mikrobiologi, imunologi, dan morfologi, patologi mencoba menjelaskan sebab-musabab dari tanda-tanda dan gejala yang termanifestasikan pada pasien dalam rangka memberikan dasar yang rasional untuk perawatan klinis dan terapi. Dengan demikian, patologi berfungsi sebagai jembatan antara ilmu-ilmu dasar dan pengobatan klinis, dan merupakan dasar ilmiah untuk semua obat.

Patologi bertujuan utama untuk mengidentifikasi sebab suatu penyakit, untuk program pencegahan suatu penyakit. Dalam makna yang paling luas, patologi secara harfiah adalah biologi abnormal, studi mengenai proses-proses biologis yang tidak sesuai, atau studi mengenai individu yang sakit atau yang terganggu. Dalam konteks kedokteran manusia, patologi tidak hanya merupakan ilmu dasar atau teoritik, tetapi juga merupakan spesialis kedokteran klinis.

Bidang patologi terdiri atas patologi anatomi dan patologi klinik. Perbedaannya patologi anatomi membuat kajian dengan mengkaji organ sedangkan patologi klinik mengkaji tentang perubahan fungsi tubuh yang dapat dideteksi melalui hasil laboratorium dan melalui cairan tubuh.

Secara tradisional studi patologi dibagi menjadi patologi umum dan patologi sistemik. Patologi umum fokus pada reaksi sel dan jaringan terhadap rangsangan abnormal dan cacat warisan, yang merupakan penyebab utama dari penyakit. Patologi sistemik meneliti perubahan dalam organ khusus dan jaringan yang bertanggung jawab untuk gangguan yang melibatkan organ-organ ini. Dalam buku ini bagian pertama menjelaskan prinsip-prinsip patologi umum dan kemudian dilanjutkan dengan proses penyakit tertentu karena mereka mempengaruhi organ atau sistem tertentu.

Referensi

Kumar, Abbas, Fausto, Aster, 2008, Robbins and Cotran Pathologic Basis of Disease 8th Edition, Saunders Elsevier.

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s