Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Mengulas Masjid di Purwokerto

Leave a comment


Menjelang Ramadhan, saatnya mempersiapkan lahir dan batin untuk meningkatkan amalan kita. Nah, di edisi jalan-jalan kita kali ini, kita ulas beberapa masjid di Purwokerto dan sekitarnya (yang pernah ane sambangin tentunya).

1. Masjid Unwiku

Masjid ini spesial bgt. Bersih, adem, dan bikin betah. Entah beberapa kali ke masjid ini, walau harus menempuh perjalanan lebih dari 5 km dari rumah. Lokasinya samping Unwiku. Masjid ini adalah hibah dari Yayasan Pancasila (punyanya Pak Harto), jadi khas banget artsiteknya penuh dengan simbol-simbol Pancasila. Model masjid ini yang ada di Purwokerto adalah masjid Unsoed dan masjid UMP lama. Halaman masjidnya ditata dengan rumput hijau yang bersih. Jalanan depan yang beraspal mulus, dan ga begitu rame. Tempat favorit di teras samping kiri, disediakan minuman gratis dan bisa selonjor bebas. Biasanya sebelum ke sini, beli batagor dulu ato KFC abal-abal, dimakan sambil nunggu Magrib.

IMG_0653

credit: dok pribadi, bareng prima andika citra

 

2. Masjid Unsoed

Nama resminya masjid Nurul Ulum. Masjid ini model bangunannya kayak masjid Unwiku, lha sama-sama dari Yayasan Soeharto. Masjid ini favorit kalo buat Jumatan ma Tarawih. Kenapa?? Kayaknya udah pada tau lah ya. Kutbah Jumat maksimal 10 menit, dan kalo Tarawihan emat rakaat sekalian, jadi (sst… cepet). Kalo Jumatan rame diisi mahasiswa, dosen, dan pekerja kantoran. Kalo abis jumatan dari masjid ini, kitanya sudah pulang, masjid lainnya masih asyik kutbah. Ceramah Tarawihannya veriasi, kadang dapet ustad yang gokil bgt, ato ustad yang super garing dan bikin ngantuk.

3. Masjid Jenderal Sudirman

Masjidnya masih kinclong bro, cat-nya aja belum kering kayaknya saking barunya. Mungkin baru setahun umurnya dipake ma publik. Kalo diliat2 sih kayaknya masjidnya ini punyanya TNI karena banyak tentara yang sholat di sini. Toiletnya luas dan bersih, bolehlah saya grade A++. Masjid ini lokasinya di tengah-tengah kota bgt. Jadi kalo abis buka puasa di Sate kambung muda depan SMA 2, jangan lupa sholatnya di sini ya…

Masjid-Jenderal-Besar-Soedirman1

credit: dokumentasiindonesia.blogspot.com

 

4. Masjid Mafaza

MAFAZA adalah singkatan dari masjid Fatimatuz Zahra. Ingat masjid ini ingat Maskam UGM bgt lah. Ga ada dinding, adem, gede, dan rame. Nuansa Arabnya kerasa bgt di masjid ini. Lokasinya deket Kampus Unsoed Karangwangkal, tempat favorit buat Jumatan karena ceramahnya bagus. Kalau ma Tarawihan di sini mantap, semalam satu juz. Monggo…

DSC_0259

credit: ariansahidi.blogspot.com

5. Masjid Gelora Indah

Lokasinya dekat GOR, dekat juga sama SMA Al Irsyad. Masjidnya bersih. Saya suka.

gb 1

credit: rriien.blogspot.com

6. Masjid Alun-Alun

Nama resminya Masjid Agung Baitussalam. Lokasinya tepat di depan alun-alun Purwokerto. Sering juga ke masjid ini. Berangkat sebelum Magrib, muter2 dulu depan Alun2 baru sholat Magrib dan Isya di sini.

CIMG2795

credit: dok. pribadi, bareng andre hendrawan

7. Masjid Perumahan Saphir

Nama resminya masjid Umar Bin Khatab. Takmirnya bacaannya bagus-bagus. Apalagi kalo Subuh baca surat … Sering bgt rebutan mau sholat di sini ato masjid unsoed buat Tarawih. Hingga pada suatu hari, istri minta di drop di masjid ini, saya blabas ke masjid Unsoed.

IMG_3222

credit: dok. pribadi, bareng istri

8. Masjid Fikes

Masjid ini nama resminya masjid Al Razi. Kondisi bangunan masih baru dan sekarang diperlebar. Teras masjidnya asyik buat ngobrol setelah Jumatan.

jarmed-upgrading

credit: ukki.ukm.unsoed.ac.id

9. Masjid UMP

Sore-sore biasanya menjelajah daerah Purwokerto Timur, jadi Magriban di masjid ini.

DSC00009

credit: bts-ump.blogspot.com

 

10. Masjid Perumahan BAI

Sambil nunggu pesanan nasi goreng seafood Mekarsari, sholat di masjid Perumahan Bumi Arca Indah.

11. Masjid Syekh Maqdum Wali

Lokasinya di daerah Pasir, Purwokerto Barat. Sekali ke mesjid ini. Dari luar gagah, tapi dalemnya (maaf, berantakan). Abis dari masjid ini makan kupat tahu di depannya.

12. Masjid Darul Hikmah, Kembaran

Nunggu magrib sholat di sini, sama istri.

Screen Shot 2016-06-20 at 18.04.05

 

Masjid Pertigaan arah mau Purbalingga

Abis dari Baturraden, mampir di masjid ini.

Masjid dekat GOR

Sekali ke masjid ini, abis makan soto pak Min.

Masjid dekat GOR2

Masjidnya ada menaranya, di jalan Mangunjaya.

Masjid dekat Hotel Horison

Dulu ada seminar di Hotel Horison, lalu jumatan di masjid ini.

Masjid dekat rumah pak Narto

Abis buka bersama tempat Pak Narto, sholat Magrib di sini.

Masjid belakang optik depan SPBU Ovis

Lagi servise kacamata, kudu jumatan. Tanya petugas, ada masjid belakang optik Tiga Lima. Toilet cuma 1, antre lama jadinya.

Masjid Baitush Shaabiriin

Halaman masjidnya bagus, berumput hijau dan asri. Berlokasi di kaki gunung Slamet, daerah Prompong ke atas terus, kiri jalan.

baturaden

credit: googlemap

 

Masjid Bancar Kembar

Ini dekat TK BIAS arah mau ke Mammomilk.

Masjid Stasiun

Nungguin Progo ato Logawa, sholat Subuh dulu di masjid stasiun.

Masjid Kober

Masjidnya bersih, saya suka. Ga boleh ngeluarin hape di masjid ini. Namanya masjid Al Arafah.

Masjid Perumahan Griya Satria Bantarsoka

Sekali ke masjid ini pas daftar cpns unsoed jaman dulu bgt.

Masjid Perumahan Griya Satria

masjid griya satria mandalatama

credit: griyasatriapwt.blogspot.com

Masjid Banyumas

Masjid bernuansa kuno dengan dinding dan lantai kayu, membawa keredupan dan “ayo zak segera ke Purwokerto “.

Masjid depan SPN

Entah dari mana lupa, akhirnya sholat di masjid ini.

Masjid depan lapangan Grendeng

UPT bahasa Unsoed yang tidak ada tempat buat sholat, alternatifnya bisa sholat di sini.

Masjid dekat fotokopian

Nah kalo Jumatan ato Tarawihan jangan lewat jalan deket masjid ini karena ditutup.

Masjid Desa Karang Nangka

Mungkin namanya Masjid Torikal Jannah. Saat itu maen tempat teman di desa pedalaman Banyumas.

Mushola dekat kosan kedua

Cukup sekali saja sholat Tarawih di sini, karena 23 rakaat tapi cuma 10-15 menit. Tapi asyiknya abis Tarawih ada makanan dari ibu-ibu di sebar pake piring. Ma teh anget manis.

Mushola Perumahan Griya Limas

Dua tahun tinggal di daerah ini, jadi cukup familiar dengan mushola kecil ini.

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s