Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Menjelajah Daerah Plat Z (1)

1 Comment


Plat Z, semula kudu loading dulu ini motor dari daerah mana? Tapi semenjak pindah ke Purwokerto dimana motor plat Z berteberan di parkiran kampus, sekarang udah sangat familiar. Sebenarnya nomor kendaraan di Indonesia adalah warisan yang menggunakan kode wilayah berdasarkan pembagian wilayah karesidenan. Dan untuk plat Z sendiri adalah untuk eks-karesidenan Parahyangan Timur, meliputi kabupaten/kota: Sumedang, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran.

Pertama, kita menjelajah daerah paling timur Jawa Barat yaitu Ciamis dan sekitarnya. Agak gimana gitu rasanya dengar nama Ciamis. Ini kayak daerah yang ditinggal satu-satu perlahan setelah mekarnya kecamatan Banjar (2002) dan pisahnya 10 kecamatan menjadi Kabupaten Pangandaran (2012).

Kota Banjar (sering juga disebut Bajar Patroman) adalah pintu gerbang Jabar di daerah selatan. Luasnya 11,3 ha, dua kali lipat lebih luas dibanding Kota Metro, Lampung (6,8 ha). Namun untuk jumlah penduduk hampir sama, sekitar 150.000 dan 175.000 jiwa untuk Kota Metro dan Kota Banjar, masing-masing. Jumlah kecamatan ada 4, sedangkan untuk Metro dengan luas yang lebih kecil dibagi menjadi 5 kecamatan. Kota Banjar dikelilingi oleh Kabupaten Ciamis juga berbatasan langsung dengan kecamatan Wanareja, Cilacap. Sejarah Kota Banjar dan Kota Metro nyaris sama, semula berawal dari kota administratif dan berkembang menjadi kota madya (Metro lebih awal 3 tahun menjadi kota).

Memasuki Kota Banjar, Anda akan disuguhi gerbang dengan monumen Kodam III/Siliwangi berupa patung seorang tentara dan seekor harimau jawa. Banyak kendaraan bermotor dengan plat Z … X/Y/Z bersliweran di jalanan.

 

Screen Shot 2016-04-08 at 12.28.54

Kantor walikota

Screen Shot 2016-04-08 at 12.36.34

 

 

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

One thought on “Menjelajah Daerah Plat Z (1)

  1. Pak, klo cerita zona plat Z jangan lupa bahas jatinagor juga ya, sebuah kecamatan yg trmasuk kabupaten sumedang yg berbatasan lgsung dgn kabupaten bandung,, istilah lainnya “bandung coret”, mungkin krna lbh dekat ke bandung dibanding ke sumedangnya, sbuah desa pendidikan yg skrang udah ngga desa lagi🙂😦,, o, iya jangan lupa mampir ke kampus unpad almameter sy dulu, kampus farmasi nya ada di jatinangor pak, :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s