Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Reseptor DDR2 dan metastasis kanker payudara

Leave a comment


DDR2 (discoidin domain receptor 2) adalah subklas baru dari reseptor tirosin kinase (RTK). Bedanya dia memiliki region ekstraseuler yang berbeda mencakup sebuah factor VIII-like domain. Ligan untuk reseptor ini adalah kolagen fibrillar, lalu terjadi autofoforilasi dan transduksi sinyal. DDR2 telah dikaitkan dengan penyakit kanker dan fibrosis.

DDR1 ada pada epitelial, tapi tidak ada pada mesenkimal, sedangkan DDR2 terekespresi pada sel mesenkimal tapi tidak pada epitelial. DDR2 menunjukkan keselektifan ligan yang lebih, dan diaktifkan oleh kolagen I dan III yang melimpah di ECM. DDR1 selektivitasnya lebih luas, diaktifkan oleh kolagen IV yang banyak terdapat pada basement membran.

EMT berkontribusi pada metastasis kanker payudara. EMT memfasilitasi invasi tumor primer melalui basement membrane dan migrasi melalui strom atau ECM dengan menekan adhesi sel-sel dan menstimulasi invasi dan migrasi sel tumor. Berbagai sinyal yang dihasilkan oleh tumor microenvironment mengaktifkan faktor transkripsi induser EMT yaitu SNAIL1, SNAIL2, TWIST, dan ZEB.

SNAIL1 waktu paruhnya pendek karena dengan cepat didegradasi oleh proteasom. SNAIL1 utamanya ada pada sel tumor (pada batas tumor/ECM) dan pada sel mesenkimal dalam stroma. RNA SNAIL1 terekspresi lebih luas pada tumor primer. Meskipun sinyal penstimulasi EMT (misal TGF-beta) menginduksi transkripsi SNAIL, regulasi post-transkripsi dan post-translasi berpengaruh pada stabilitas SNAIL1 dan lokalisasi subseluler. Adanya pola yang berbeda mRNA SNAIL1 dan proteinnya pada tumor, sinyal lingkungan yang mengatur stabilitas SNAIL1 mungkin berasal dari batas tumor/ECM. Pada paper ini, DDR2 berperan menstabilkan SNAIL1 dan ini penting dalam invasi dan migrasi kanker payudara in vitro dan metastasis in vivo.

Hasil penelitian

  1. DDR2 menstabilkan level SNAIL1 post transkripsional

Penelitian sebelumnya menggunakan siRNA, terjadi penurunan SNAIL1 dan juga level proteinnya turun tanpa mempengaruhi transkripsinya. Pada penelitian sekarang, terjadi penurunan protein DDR2 pada sel yang menjalani EMT (MDA MB 231 human dan 4T1 mouse), namun tidak mempengaruhi transkripsinya.

2. Stabilisasi SNAIL1 diinduksi kolagen I memerlukan DDR2 dan dapat terjadi tidak bergantung pada integrin atau TGF-beta

3. Ekspresi DDR2 diinduksi selama EMT namun tidak diperlukan untuk induksi EMT

4. DDR2 mempengaruhi invasi sel kanker payudara dan migrasi ex vivo dan metastase in vivo

5. DDR2 teraktivasi kolagen I menginduksi transkripsi kolagen I dan remodeling fiber kolagen pada batas tumor/ECM

6. ERK2 teraktivasi DDR2 berkaitan dengan dan fosforilasi SNAIL1

7. Penggambaran dari jalur sinyal intraseluler dimana DDR2 mengarah pada stabilisasi SNAIL1 dan invasi/migrasi sel tumor

8. DDR2 diekspresikan pada kanker payudara duktal invasive manusia dan berhubungan dengan SNAIL1 nukelar, hilangnya E-cadherin dan peningkatan kolagen

 

Referensi

Zhang K, Corsa CA, Ponik SM, Prior JL, Piwnica-Worms D, Eliceiri KW, Keely PJ, Longmore GD. The collagen receptor discoidin domain receptor 2 stabilizes SNAIL1 to facilitate breast cancer metastasis. Nat Cell Biol. 2013 Jun;15(6):677-87.

 

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s