Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Provokatif: Farmakoterapi “Kawin” dengan DynaMed : KLOP

Leave a comment


Produk perusahaan databased penelitian online raksasa EBSCO Health ini, Dynamed, saya katakan gila. Dia di-update setiap hari (katanya), memberikan rangkuman penyakit dan manajemennya, disertai data berbasis bukti me-refer pada publikasi-publikasi terkini. Entah berapa ribu artikel dari Cochrane dan JAMA dicitasi oleh databased ini. Gilanya lagi, mereka sudah memberikan summary dari suatu artikel jurnal (mereka sudah melakukan critical appraisal) untuk disuguhkan kepada para pelanggannya.

Saya ambil contoh, Bab tentang Degenerative joint disease of the knee (osteoarthritis, OA). Pada bagian awal ada Overview dan Rekomendasi. Selanjutnya dirinci dengan informasi: (1) informasi umum, (2) epidemiologi, (3) etiologi dan patogenesis, (4) sejarah dan physical, (5) diagnosis, (6) treatment, (7) komplikasi dan prognosis, (8) pencegahan dan skrining, (9) perbaikan kualitas, (10) guideline dan resources, (11) informasi pasien, (12) ICD-9/ICD-10 Codes, (13) daftar pustaka.

Pada bagian Treatment, dan sub-bagian Medikasi, lebih dahsyat lagi. Disini disedikan perbandingan efikasi analgesik oral. Mau mencari perbandingan apa dengan apa mana lebih baik, disediakan lengkap di bagian ini. Dan jika Anda print PDF dari artikel ini, akan menjadi File PDF dengan total 120 halaman. Jumlah ini sangatlah cukup untuk bahan membuat makalah dan mungkin tidak akan habis selesai dibaca satu malam suntuk.

Jika Anda mahasiswa Farmasi dan lagi ambil kuliah Farmakoterapi, situs ini cocok sekali. Hampir setiap paragraf atau kalimat disertai dengan Daftar Pustaka, bisa langsung di klik nyambung ke PubMed. Update-nya pun ga tanggung-tanggung, dimulai November 2015 ke belakang. Di bagian bawah sudah ada kumpulan Guideline, plus link ke artikel dari jurnal aslinya. Rekomendasi juga diberikan, dirangking dalam level 1, 2, atau 3.

Dengan satu email, Anda bisa akses free 3 bulan. Jika Anda ambil Farmakoterapi 1 sampai 4 (3 semester) berarti kalo mau gratisan terus hanya butuh 6 alamat email (tiap semester butuh 2 email). Ini asalkan Free akses berlaku sepanjang tahun, hehe… (emang T*ga Mas, ato Teh Kotak Ultr*, diskonnya ga abis-abis).

Apakah Anda sudah mendaftar? [Sign up using PC please, not cell phone …)

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s