Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

EBM, Critical Appraisal, dan Resources

Leave a comment


Bermain di “panggung klinik” pada zaman sekarang sungguh sangat menantang. Setiap hari menemukan kasus-kasus baru, dipelajari, dianalisis, dan akhirnya dibuat kesimpulan. Informasi di jurnal-jurnal sangat melimpah dan saat ini pilihan point of care information summaries sudah ada sampai puluhan.

Untuk berpraktek dengan memegang EBM, diperlukan niat dan usaha keras. Diperlukan skill dan pengetahuan yang memadai. Namun seiring dengan bertambahnya jam terbang, maka akan semakin handal dalam memutuskan ketika menemui kasus tertentu. Dalam memutuskan pengobatan yang tepat, diperlukan bukti mutakhir yang aktual.

Terkait apa itu EBM, level2nya, EBP, saya yakin teman sejawat sekalian sudah sangat faham (tidak saya bahas di sini). Kali ini menginjak ke bahasan berikutnya yaitu critical appraisal. Apa itu? Apa hubungannya dengan EBM?

Bacaan bagus sekilas tentang EBM dalam layanan kefarmasian, bisa baca di sini: http://farmasi.unpad.ac.id/?p=7377

Crittical appraisal adalah proses memeriksa sebuah penelitian secara cermat dan sistematis untuk menilai keabsahan dan relevansinya dalam konteks tertentu. Critical appraisal merupakan salah satu langkah yang diterapkan dalam EBM untuk mendapatkan bukti termutahkir yang relevan dengan pokok permasalahan atau kasus yang dihadapi. Critical appraisal sangat berguna bagi seorang profesional dalam membuat ringkasan dan bukti sintesis (Ref: blog dr. Khatrina Apriliyand).

Bagaimana melakukan critical appraisal, penjelasan sangat jelas ada di sini: http://www.aafp.org/fpm/2004/0500/p47.html

Resources. Ada banyak sumber informasi tersedia dari yang gratis sampai yang berbayar. Berikut rangkuman sumber-sumber EBM yang bisa digunakan:

#1. ACP Journal Club. Berdiri sebagai jurnal sendiri sejak tahun 1991 sampai April 2008. Setelah itu pindah menjadi bagian dari jurnal Annals of Internal Medicine. Untuk artikel yang sampai tahun 2008, bisa dilihat di sini dan gratis (http://www.acpjc.org/#2008). Untuk setelah tahun 2008 bisa dilihat disini, namum berbayar (http://annals.org/journalclub.aspx).

#2. American Family Physician. Artikel disini bagus-bagus dan bisa diakses gratis setelah mundur 1 tahun dari yang terkini. Pada postingan awal-awal di Group ini sudah sering saya share link ke jurnal ini. Jurnal ini adalah jurnal untuk para dokter keluarga di Amerika. Jadi secara tingkat kebutuhan informasi dan jenis penyakit, sangat singkron dengan teman sejawat yang bekerja di pelayanan komunitas juga klinik. Link:http://www.aafp.org/journals/afp.html?cmpid=_van_188

#3. Cochrane Library. Ini dia “juragan” dari sistematik review yang lengkap dan ekstensif (Link: http://www.cochranelibrary.com/)

#4. Bandolier. Review tapi kayak tabloid, bahasanya gaul (Link:http://www.medicine.ox.ac.uk/bandolier/) Artikel free sampai tahun 2008 ada di sini (http://www.medicine.ox.ac.uk/bandolier/pdf.html)

#5. Dynamed. Punyanya EBSCO, lumayan ada free trial 90 hari. Dia mengklaim paling update mencitasi dari Cochrane. Silahkan mencoba, link ada di postingan saya tadi pagi.

#6. ClinicalKey. Ini punyanya Elsevier. Yang ini berbayar mahal, namun review2nya bagus.

#7. Essential Evidence Plus. Ada versi Free trial-nya 30 hari, silahkan dicoba: https://www.essentialevidenceplus.com/

#8. Clinical Evidence. Artikel dari BMJ, namun sayangnya berbayar. Bisa dibaca overview dan referensinya saja. (Link:http://www.clinicalevidence.com/x/index.html)

#9. Tripdatabase. Ini adalah mesin pencari, terkonek dengan jurnal-jurnal di Pubmed. Lumayan. Link: https://www.tripdatabase.com/

#10. Pubmed Clinical Query. Ini dia fitur yang keren, tapi masih data lepas-lepas, belum direview-in. Kalo pakai UpToDate atau Dynamed, tinggal “dimakan”, sudah “dimasakin” sama editornya. Kalo pas ketemu artikel yang gratis, itu rezeki. Simpan link ini baik2:http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/clinical

Wahai para apoteker muda, apakah puas dengan ilmu yang didapat dibangku kuliah 5-10 tahun silam? Mari bulatkan tekad untuk menjadi profesional yang handal. Membaca dan terus belajar. Salam semangat.

Referensi: http://www.aafp.org/fpm/topicModules/viewTopicModule.htm…

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s