Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Sorry, I’m still confused: Metampiron and Antalgin

Leave a comment


Berbagi pengalaman, kemarin ke apotek di kota kelahiran membelikan obat Neurosanbe yang salah satu isinya ada metampiron (selain vitamin B). Terima kasih bu Muvita Wati atas sarannya, hehe..

Kontak-kontakanlah ma alumnus kampus farmasi di kaki gunung Slamet, Jawa Tengah. Dia jualan API (active pharmaceutical ingredients) sekarang dan mencoba meyakinkan tentang penamaan metampiron.

“Itu metampiron isinya metamizole pak, percaya deh ma saya”
“Bukannya nama metampiron itu justru nama generiknya ya? Metampiron itu sama dengan Antalgin bukan?”

Nah, tambah banyak aja variasi nama obat ini. Searching dari Wikipedia, sedikit memberi pencerahan tentang kebingungan ini.

Metampiron ternyata adalah nama sebuah merek berisi metamizol (di Indonesia Metampiron justru dianggap nama generik). Metampiron kandungannya adalah metamizole (nama INN) atau dipiron (BAN, USAN).

Lalu, antalgin itu siapa? Antalgin Indo Farma menulis, kandungannya adalah metamizol. Sedangkan Bernofarm mengeluarkan obat generik menuliskannya Antalgin 500 mg.

Melihat dari sejarah, metamizol diperkenalkan tahun 1922 dengan nama Novalgin. BinfarAlkes Kemenkes menulis antalgin adalah derivat metansulfonat dari amidopirina. Sehingga, saat ini dapat disimpulkan Metampiron, antalgin, metamizol, adalah sama.

Selesai malasah nama, muncul masalah berikutnya, tentang keamanannya. Di Amerika, Australia, Kanada, beberapa negara Eropa sudah secara lengkap nge “ban” obat ini, ditarik sejak tahun 70an . Namun di negara-negara Afrika, Asia, Amerika Selatan, dan tentunya Indonesia, kita masih dengan bebas menikmatinya. Membingungkan bukan?

Masalah keamanan obat ini memang menjadi perdebatan sengit puluhan tahun silam (dan mungkin masih berlangsung sampai saat ini), terutama tentang efek samping dipyrone related agranulocytosis (DRA). Namun, studi klinik tentang temuan tersebut sempat dikritik terkait metodologi dan masalah faktor genetik (negro, non-negro) masih menarik untuk didiskusikan.

Bagimanapun, obat ini masih masuk “dibuang sayang”. Obat yang sangat murah ini dengan efektivitas analgesik yang masih powerful, terlalu manis untuk dilupakan.

Selamat pagi dan selamat berakhir pekan.

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s