Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Morfin dan Pertumbuhan Tumor dan Metastasis

Leave a comment


Morfin adalah analgesik yang banyak digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada penderita kanker. Opioid adalah agen yang paling sering digunakan pada manajemen perioperatif nyeri pada pasien operasi kanker. Lalu, bagaimana jika morfin mampu menurunkan pertumbuhan kanker dan menurunkan metastasis, menarik bukan?

Marie-Odile Parat (Pharmacy, Univ Quesland) dengan sangat jelas mempresentasikan hasil penelitiannya tersebut pagi ini (Selasa, 15/9/15). Pemberian morfin pada model tikus mampu mengurangi pertumbuhan tumor payudara dan penyebarannya ke paru-paru (metastasis). Perlakuan morfin juga mengakibatkan reduksi enzim proteolisis ECM yang bersirkulasi, MMP-9, dan uPA.

Bagaimana mekanismenya? Efek morfin ini ternyata bukan hasil kerja pada sel tumor sendiri, tapi melibatkan efek parakrin komunikasi antara sel tumor dan sel yang terinfiltrasi ke massa tumor, dalam hal ini adalah sel makrofag. Dengan stimulus IL-4, makrofag mengalami polarisasi ke jalur alternatif membentuk fenotip M2 yang mengarah pada agresivisitas tumor. Morfin bisa memodulasi agresivisitas tumor dengan meregulasi produksi protease makrofag dan polarisasi M2. Dengan demikian, morfin bekerja dengan cara memodulasi interaksi seluler pada lingkungan mikro tumor (tumour microenvironment).

Demikian oleh-oleh dari kota khatulistiwa untuk teman sejawat semua. Semoga bermanfaat. Selamat pagi dan selamat beraktivitas.

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s