Proton Pump Inhibitor merupakan suatu prodrug


Last update: May 30, 2018

Saya terkesan dengan presentasi mahasiswa kemarin, tentang obat golongan Proton Pump Inhibitor. Kita sudah sangat familiar dengan obat ini yaitu omeprazol, lansoprazol, yang dipakai pada regimen eradikasi H. pylori. Obat ini memiliki target aksi pada pompa proton H+/K+ATPase. Point menarik dari penjelasan mereka dikatakan bahwa omeprazol ini ternyata adalah prodrug. Bagaimana penjelasannya?

Aktivasi dan ikatannya dengan target aksi obat

Omeprazol sangat tidak tahan terhadap asam, pada pH 2 usianya sekitar 2 menit, sedangkan pada pH 7,4 adalah sampai 20 jam. Jika Anda perhatikan kapsul omeprazol, dia dibuat dalam salut enterik dan dimasukkan dalam kapsul (ini benar tidak ya, koreksi jika saya salah).

PPI merupakan suatu prodrug, yang memerlukan aktivasi di lingkungan asam. Senyawa-senyawa ini memasuki sel parietal melalui darah, dan karena sifat basa lemahnya akan berakumulasi dalam kanalikuli sel parietal pensekresi asam. Pada sel parietal terjadi aktivasi senyawa ini melalui proses yang dikatalisasi proton menghasilkan pembentukan sulfenamida tiofilat atau asam sulfenat.

activation

Bentuk yang teraktivasi ini kemudian bereaksi melalui pembentukan ikatan kovalen dengan gugus sulfahidril dari sistein di bagian ekstasel H+/K+ATPase. Agar dapat menghambat produksi asam, penting untuk berikatan dengan sistein 813, yang bersifat irreversibel untuk molekul pompa tersebut.

PPI memiliki efek yang yang sangat besar terhadap produksi asam. Jika diberikan dalam dosis yang cukup, contohnya 20 mg omeprazol sehari untuk 7 hari, produksi asam harian dapat dikurangi hingga lebih dari 95%. Sekresi asam akan kembali normal setelah PPI yang baru dimasukkan ke dalam membran lumen. Omeprazol juga secara selektif menghambat enzim karbonik anhidrase (CA) mukosa lambung, yang kemungkinan turut berkontribusi terhadap sifat supresi asamnya.

Namun, selanjutnya dikatakan prodrug omeprazol ini terakumulasi di lingkungan asam pada sel target (sel parietal), mengalami metabolisme dengan bantuan asam menjadi metabolit aktif sulfenamid. Sulfenamid berinteraksi kovalen dengan gugus sulfidril pada residu sistein dalam domain ekstraselular dari H+/K+ATPase, sehingga menghambat aktivitasnya.

Mekanisme aktivasi omeprazol di sel parietal.

aktivasi ppi

Adakah yang bisa membantu menjelaskan dimanakah omeprazol ini diabsorpsi?

nb. Inilah “hebatnya” mahasiswa, sukanya “memprovokasi”. Tapi ini bagus karena memberi inspirasi dan wawasan baru.

Selamat pagi dan selamat beraktivitas..

 

Referensi

Kromer W, 1995, Digestion, 56:443-54

Sachs G, Physiology of the Parietal Cell and Therapeutic Implications

image from Wikipedia, public domain

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s