Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Pharmacist: Drug information provider — Cygest Pessary 400 mg

Leave a comment


Semula agak “keder” mau bahas obat-obat yang berkaitan dengan hormon, karena pasti akan menemui obat-obat yang namanya mirip, susah dihafal, fungsi yang mirip, tumpang tindih, berkebalikan (bikin pusing kepala). Tapi tidak boleh menyerah, (meminjam kata-kata dari pak Tunggul: farmasis adalah satu-satunya profesi di muka bumi ini yang tau seluk-beluk obat (drug information provider).

Cygest pessary adalah sediaan bentuk ovula atau pessari (suppositoria yang diberikan per vagina). Tersedia dalam 2 kekuatan yaitu 200 mg dan 400 mg. Indikasinya bermacam-macam salah satunya adalah untukabortus iminens (ancaman keguguran) (MIMS).

Kandungan dari Cygest adalah progesteron. Dari namanya ternyata menunjukkan fungsinya yaitu PRO-GEStasional STERiodal ketONE. Progesteron adalah hormon steroid awalnya diproduksi oleh indung telur (korpus luteum), sampai kemudian diambil alih oleh plasenta pada 7-9 minggu kehamilan. Pada awal kehamilan, progesteron penting untuk pemeliharaan kehamilan (UpToDate). Progesteron memiliki peran luar biasa dalam menjaga kehamilan yang sehat. Kelangsungan hidup embrio dalam rahim benar-benar tergantung pada hormon penting ini.

Bagaimana mekanismenya?

Pada kondisi tertentu kadar estrogen naik seperti pada saat stress (fisik atau mental). Saat stress akan dikeluarkan kortisol,.zat inilah yang akan merangsang munculnya estrogen. Dominasi estrogen (kadarnya lebih tinggi dari progesteron) akan menyebabkan rahim berkontraksi (blog dr. Didi Kusmarjadi, SpOG). Progesteron dapat dianggap sebagai penyeimbang hormonal, terutama estrogen. Fungsi progesteron dalam memelihara kehamilan ada banyak, salah satunya menurunkan tonus otot polos sehingga uterus relaksasi.

Tinjauan dari sisi imunologi sbb:

Pada abortus spontan yang terjadi pada manusia telah dibuktikan adanya hubungan peningkatan produksi sitokin yang dihasilkan dari sel Th1 (IL-2, IFN-gamma, TNF-beta) yang berpengaruh buruk terhadap kehamilan. Di sisi lain, sitokin yang dihasilkan oleh Th2 (IL-4, IL-6, IL-10) bermanfaat dalam menjaga kelangsungan kehamilan kadarnya mengalami penurunan. Dengan adanya progesteron, limfosit pada wanita hamil mengeluarkan suatu protein yang  dinamakan progesterone-induced blocking factor (PIBF) yang berfungsi sebagai imunomodulator dan anti-abortif (Adnan Abadi, FKUI).

Bagaimana efektivitasnya?

Meta-analisa dari RCT telah menyimpulkan bahwa suplementasi progesteron memberikan perlindungan terhadap kelahiran prematur berulang dan meningkatkan luaran neonatal (UpToDate).

Kapan diberikan?

Sediaan progesteron vaginal  (dalam hal ini adalah Cygest(R)-Actavis), berisi progesteron alami.  

Keuntungan dari progesteron vaginal, bioavailabilitas rahim yang tinggi karena paparan rahim terjadi sebelum terjadinya efek lintas pertama melalui hati.

Dosis 90-400 mg sudah efektif, dimulai awal 18 minggu kehamilan. dr. Errol R Norwitz menggunakan 100 mg DIBERIKAN VAGINA setiap malam; namun di beberapa negara menggunakan supositoria 200 mg karena lebih mudah tersedia (di Indonesia ?).

Efek samping?

Obat bisa menimbulkan beberapa efek samping, namun yang sering muncul dan cukup mengganggu adalah iritasi vagina (karena obat harus diberikan setiap hari). Efek lainnya yaitu nyeri perut (sebanyak 12%), headache (3% – 4%), fatigue (2% – 3%), ovarian hyperstimulation syndrome ( 7%), nausea  ( 7% – 8%), abdominal  distension (4%), constipation (2%-3%), vomiting (2%-3%), uterine spasm (3% -4%), vaginal bleeding (3%), urinary tract infection (1%-2%).

Penanganan efek samping?

Kayaknya seru kalo topik ini dikeroyok bareng-bareng, silahkan teman sejawat menambahkan…

p.s.: Catetan-catetan unik, baca-baca di forum ibuhamil.com, Cygest diberikan pada 5-7 minggu kehamilan, rata-rata pemakaian 7 – 10 hari. Obat ini diberikan kalau ada flek ketika hamil.

Lewat dubur atau vagina?

“saya juga baru2 ini dinyatakan hamil sama dokter kandungan. karena baru 5 minggu dan kurang hormon, denyut jantung janin agak lemah, sehingga dokternya kasih aku cigest 400 mg dimasukin ke vagina. Tapi pas terima di bagian farmasi, keterangan diobatnya dimasukin ke dubur. Udah 3 hari ini masukin ke vagina, tetapi setiap pipis pagi hari keluar lagi..apakah sisa ya bunda?atau memang seharusnya dari dubur?” (red: apotekernya lagi ngantuk)

“Bentuk obatnya mirip peluru pistol, warnanya putih, dilapisi semacam lilin supaya mudah masuk ke dubur dan kalo udah masuk dia akan segera mencair. Penyimpanan obat ini pun harus dimasukkan ke kulkas, kalo gak, bisa mencair, kalo mencair kan susah ntar dimasukinnya.”

“Maaf bun klo saya cigest itu d masukin ke vagina bukan dubur apa bunda ga salah masukin tuh,,,”

“Iya bun saya di ksh resep cygest 400 mg, kta dokter dimasukkin ke vagina bukan ke dubur”

Dua suppositoria sekaligus?

“Sy sdg hamil 6w, tapi srg kluar flek. Akhirnya k dokter dan dokter meresepkan obat utrogestan 100 mg. Stlh 2 hri, ternyata masih saja keluar flek, akhirnya sy beserta suami ke dokter lgi, dn dokter memberi obat Cygest 400. yang jadi pertanyaan sya adalah sya meminum obat utrogestan dan memasukkan cygest via anus pada waktu yg bersamaan. sdgkn diresepkan 1×1 oleh dokternya. Apakah tdk apa2 digunakan bersamaan. ketika sy tnykn sm dokternya dilanjutkan saja utrogestan nya. Gmn ya bunda2 ? apa tdk overdosis progesteron??”

  • Follow how to use as you have been told by the doctor or read the package insert.
  • Wash hands befor e and after use.
  • Do not take other  vaginal drugs within 6 hours of this drug !!!

Where can I get more information?

Your pharmacist can provide more information about progesterone..

 

Referensi

Abadi A, dkk, Pengalaman Penggunaan Progesteron Pessary pada Abortus Iminens

Norwitz ER, 2015, Progesterone supplementation to reduce the risk of  spontaneous preterm birth, UpToDate

KUsmarjadi D, 2008, Obat Pengat Kehamilan, http://konsultasi-spesialis-obsgin.blogspot.co.id/2008/07/obat-penguat-kehamilan.html

Ibuhamil,com, http://ibuhamil.com/diskusi-umum/8784-pengguna-cygest-400-sharing-yuk.html

MIMS.com

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s