Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Ciprofloksasin [Bagian 3]

Leave a comment


Membahas obat ini serasa ga habis-habis, selalu menarik dilihat dari sisi manapun. Berbahagia sekali kemarin, diizinkan ikut kuliahnya bapak Tunggul Adi Purwonugroho di Farmakokinetika Klinik, dan kali ini akan dibahas fluorokuinolon dari sisi farmakokinetikanya (drug comparison).

Ada beberapa anggota fluorokuinolon yang dipasarkan di Indonesia, beberapa di antaranya adalah ciprofloksasin, ofloksasin, levofloksasin, dan moksifloksasin (note: moksifloksasin adalah anggota lebih baru dibanding lainnya). Paper acuan yang dipakai adalah “Comparison of the Fluoroquinolones Based on Pharmacokinetic and Pharmacodynamic Parameters” (bisa diunduh di sini:http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10772373 ).

Tabel berikut adalah parameter farmakokinetika dari anggota fluorokuinolon, namun yang lebih disorot adalah Ekskresi di kolom paling kanan. Berdasarkan data ini, secara sekilas bisa digunakan dalam memilih obat yang tepat pada kondisi pasien tertentu (untuk lebih detil obat apa yang tepat, tentunya perlu membaca artikel lainnya).

 

Kasus #1
Seorang pasien terkena infeksi salurah kemih [UTI (yu ti ai, gaya pak Tunggul)], hasil kultur dari sampel urin semua anggota adalah sensitif. Manakah obat yang paling tepat dari pilihan ciprofloksasin, ofloksasin, levofloksasin, dan moksifloksasin?

Kasus #2
Seorang pasien terkena infeksi dan memiliki riwayat gangguan ginjal. Manakah obat yang paling tepat dari pilihan ciprofloksasin, ofloksasin, levofloksasin, dan moksifloksasin?

Untuk kasus pertama, pada kasus UTI obat dikehendaki tinggi di saluran kemih sehingga dipilih obat yang ekskresinya tinggi melalui renal, yaitu levofloksasin (ekskresi renal 85%). Meskipun moksifloksasin adalah anggota yang lebih baru (spektrumnya lebih luas), namun tidak efektif untuk UTI karena ekskresi renalnya hanya 20%. Untuk kasus kedua, pada pasien riwayat gangguan ginjal maka dipilih anggota yang ekskresi renalnya rendah, dalam hal ini bisa diambil moksifloksasin.

Demikian sharing singkat tentang fluorokuinolon dari sisi farmakokinetika, semoga bermanfaat. Selamat pagi dan selamat beraktivitas. cmiiw

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s