Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

UpToDate

1 Comment


Sharing pengalaman: saya mau berbagi pengalaman tentang pemakaian suatu portal informasi kesehatan. Saya bukan bagian tim promosi dari UpToDate, itu yang penting, hanya sharing aja. Mulai pekan lalu saya bisa mengakses portal tersebut, lumayanlah isinya. Ada 22 kategori spesialis, total artikelnya mungkin sekitar 10.000. Sy juga buka ClinicalKey dan DynaMed EBSCO, untuk membandingkan. Ternyata UpToDate yg paling lumayan.

Kalo Clinicalkey dan Dynamed dia berfungsi sebagai mesin pencari saja, ketika dimasukkan kata kunci tertentu, mereka akan menghubungkan ke jurnal-jurnal atau ebooknya mereka yaitu Elsevier dan EBSCO, masing-masing. Kelemahan keduanya: pembaca kudu mengolah sendiri informasi (menganalisis) dari banyak artikel jurnal yang disuguhkan tersebut.

Bedanya dengan UpToDate, tiap artikelnya ditulis oleh tim dari mereka sendiri. Jadi sudah diolahin, sudah dimasakin, sudah dihidangkan, dan pembaca tinggal “menyantap” (membaca) saja. Tentunya hal ini lebih memudahkan. Ketika memasukkan kata kunci tertentu, dia bisa memberikan informasi persis seperti apa yang ada di fikiran kita (sesuai yg kita inginkan).

Hasil ngobrol dengan kawan (yang sudah pakai juga), katanya: “Situs ini dibuat oleh dokter yang memang pinter (di Amerika sana). Seorang kolega dari Luar negri bilang, tuh penemunya bisa layak dapet Nobel, karena dengan hasil karyanya, pengobatan di suatu RS yang memakai website ini memberikan tingkat kehidupan/keselamatan pasien yg lebih tinggi.” Setelah saya coba, memang bagus. Tiap artikel memberikan informasi yang singkat tapi cerdas, dan bisa konek ke artikel2 lain yang terkait. Pustaka2 yg diacu mengandalkan EBM. Di bagian bawah ada rekomendasi dan diberi grade 1A sampai 2C sesuai kriteria dari penulis buku panduan EBM dari JAMA itu (lupa namanya).

Juga ada halaman yg konek ke Informasi Pasien (Basic dan Beyond Basic). Jadi dikasih panduan, apa saja informasi ke pasien yg perlu disampaikan (dan ini pun sudah disiapkan oleh mereka, kita ga perlu nyari-nyari lagi), mereka nyaranin material itu bisa diprint lalu dikasih ke pasien. Info dari kawan sy tadi, portal ini juga bisa terhubung ke medical record pasien (untuk menu yg ini saya kurang tahu), dan konek ke Lexicomp (info obat dan interaksi obat, menu ini pun belum sy ketahui banyak).

Nah sekarang masalahnya ada di dana buat langganannya. Mahal sih, tapi yuk mari kita itung2. Harga normal 499 USD, tapi hari ini dapat email untuk Indonesia ada diskon jadi kenanya cuma 299 USD. Dikali harga dollar hari ini, 13800 berati kenanya 4 jutaan/tahun.(Kalo misalnya ga puas dan mau mundur dalam wktu 2 bln, janjinya bisa di refund). 4.100.000 dibagi 10.000 artikel jadinya 400 rupiah (per artikel). Sebenarnya murah sih nilai segitu untuk satu artikel yang kalo diprint bisa sampai 20-30 halaman memberikan informasi sangat lengkap apa yg kita mau. Kalo harga segitu dibagi per bulan, kenanya 340rbu-an.

Okey, itu itung2an harganya. Kalo teman sejawat yg terinspirasi dan pengen langganan, ga salahnya dicoba (ato minimal direnungkan dulu). Prinsip saya sih makin banyak apoteker yang pakai, maka kualitas pelayanannya pun harapannya akan meningkat, dan profesi apoteker bisa kian berkibar ke depannya. Material artikelnya pun sangat cocok buat kuliah karena integrasi basic science dan clinical practise. “Ayo anak-anak mari sekelas kita patungan 50ribu, kita langganan UpToDate ” begitu cerita kawan saya di akhir kuliah Farmakoterapi akhir semester ini.

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

One thought on “UpToDate

  1. Sore min, gimana caranya kontak uptodate ya? Mohon info, makasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s