Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Aturan Pakai Risedronat: Harap Pahami Baik-baik

Leave a comment


Risedronat adalah salah satu anggota dari golongan obat Bisfosfonat (untuk pengobatan osteoporosis). Munculnya efek samping obat pada GI kebanyakan adalah karena penggunaan obat yang tidak benar, seharusnya adalah seperti yang telah ditulis oleh ibu Ria Butarbutar di atas. Mengapa obat harus diminum sedemikian ketat dan instruksi yang khusus? Ada beberapa teori yang diajukan yang mendasari penggunaan bisfosfonat harus demikian, salah satunya adalah teori hidrofobisitas.

Saluran GI (termasuk di permukaan lambung) dilapisi oleh membran fosfolipid bilayer. Salah satu jenis fosfolipidnya adalah fosfatidilkolin. Ternyata struktur dan ukuran bisfosfonat dan fosfatidilkolin dalah mirip, sehingga bisfosfonat bisa berkompetisi dan berikatan pada bilayer. Ketika bisfosfonat berikatan, maka mencegah fosfatidilkolin atau fosfolipid lainnya berikatan pada bilayer dan akhirnya mencegah produksi penghalang hidrofobik yang melindungi epitelial dari asam lambung.

Dengan pengetahuan di atas, pasien harus diedukasi bagaimana penggunaan obat bisfosfonat yang baik dan benar untuk mencegah komplikasi esofageal. Obat harus diberikan dengan segelas air untuk menjamin obat tidak tertinggal (nyangkut) di esofagus. Selain itu, pasien diminta tetap berdiri selama minimal 30 menit setelah pemberian untuk mencegah refluks ke esofagus yang dapat terjadi ketika posisi telentang. Instruksi untuk mengambil bisfosfonat pada perut kosong tidak terkait dengan iritasi esofageal, tetapi supaya absorpsi obat yang lebih baik. Topik ini menarik, kapan2 sy buatkan postingan khusus.

Semoga bermanfaat.

Referensi:

Lichtenberger LM, Romero JJ, Bigson GW etal; Effect of bisphosphonates on surface hydrophobicity and phosphatidylcholine concentration of rodent gastric mucosa.; Dig Dis and Sci; 2000;45(9):1792-1801 [Link]

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s