Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Efek Paska Antibiotik atau Post Antibiotic Effect (PAE)

1 Comment


Efek paska antibiotik adalah penundaan pertumbuhan kembali (re-growth) bakteri setelah paparan antibiotik. Dengan kata lain, bakteri masih tertekan pertumbuhannya walau sudah dibawah konsentrasi hambat minimum (MIC). Efek paska antibiotik adalah fenomena menarik dalam tinjauan farmakodinamika. Kaitannya dengan ini, penerapan farmakodinamika semakin meningkat dalam regimen dosis antibiotik.

Antibiotik dengan PAE minimal atau lebih kecil, kemungkinan memerlukan konsentrasi serum di atas MIC atau interval interval pemberian dosis keseluruhan.

Mekanisme yang diusulkan dari PAE yaitu: (i) kerusakan yang tidak mematikan yang disebabkan oleh antibiotik, dan (ii) antibiotik tetap berada pada situs pengikatan bakteri.

Faktor-faktor yang mempengaruhi PAE yaitu: (i) mikroorganisme, (ii) jenis antibiotik, (iii) kondisi eksperimen, (iv) konsentrasi antimikroba dan (v) lama paparan antibiotik.

Kebanyakan antibiotik menghasilkan PAE ketika diuji terhadap kokus gram positif. Namun, terhadap basil gram negatif, antibiotik beta-laktam (kecuali untuk imipenem) efeknya minimal, atau bahkan negatif.

Aminoglikosida, inhibitor protein dan sintesis asam nukleat, danfluoroquinolon memiliki PAE terhadap bakteri gram negatif yang berkisar dari 1-4 jam. PAE in vivo umumnya lebih lama dari in vitro untuk kombinasi mikroorganisme-antibiotik yang sama. Dalam penelitian manusia, aminoglikosida adalah antibiotik yang memiliki PAE panjang terhadap basil gram negatif, sehingga efektif bila diberikan dalam regimen dosis sekali sehari yang memungkinkan konsentrasi obat serum jatuh di bawah MIC.

Apa makna klinis dari PAE? Untuk antibiotik antibiotik yang memiliki PAE, interval dosis bisa diperluas dan memberikan keunggulan potensial, di antaranya mengurangi biaya, mengurangi toksisitas, dan kepatuhan yang lebih baik untuk pasien rawat jalan yang menerima terapi antimikroba.

Referensi:

Spivey JM. The postantibiotic effect. Clin Pharm. 1992 Oct;11(10):865-75.

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

One thought on “Efek Paska Antibiotik atau Post Antibiotic Effect (PAE)

  1. Cover baru om, mantap!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s