Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Meninggal setelah meneguk susu kaleng siap saji

Leave a comment


Nio (bukan nama sebenarnya) dilarikan ke RS karena mengalami demam, mata kemarahan, dan nyeri otot. Berdasarkan cerita rekannya, Nio meneguk susu kaleng siap saji langsung dari kemasannya. Apakah misteri dibalik kematian Nio?

Nio meninggal bukan karena susu, tapi karena kaleng kemasan susu terkena kencing tikus. Nio terkena leptispirosis. Penyakit ini juga dikenal dengan nama penyakit kencing tikus. Penyebabnya adalah bakteri Leptospira sp. yang ditularkan terutama oleh tikus. Leptospira bertahan dalam waktu yang lama di dalam ginjal hewan sehingga bakteri akan banyak dikeluarkan hewan lewat air kencingnya. Gejala atau tanda penyakit ini tidak ada yang khas. Umumnya penderita merasakan demam, meriang, disertai pegal atau nyeri pada betis. Pada penderita yang sudah parah bisa mengalami kekuningan seperti pada penyakit hati (penyakit kuning), mata kemerahan, dan yang fatal adalah gagal ginjal.

Umumnya penyakit ini muncul di daerah pinggiran sungai ketika musim hujan. Namun pada kasus Nio, kemungkinan tikus masuk ke gudang penyimpanan dan mengencingi kaleng susu. Bisa dibayangkan, ketika minum susu langsung dari kaleng, ada kontak aliran cairan dari mulut kaleng ke sekitarnya dan bisa masuk ke dalam tubuh peminum.

Lalu, bagaimana langkah terbaik untuk mencegah penularan penyakit yang terkait dengan kasus Nio? Minum jangan langsung dari kaleng, tapi tuang dulu ke gelas. Bila perlu mulut kaleng di lap dulu pakai tisu beralkohol (kayak tisunya Aqua galon itu). Ato jika ada pilihan kemasan, pilih yang sedotannya.

 

 

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s