Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Mengenal Norit: Karbon Aktif

12 Comments


Norit-1Norit adalah merek terkenal dari karbon aktif atau carbo activus. Mungkin Norit adalah satu-satunya merek yang ada di Indonesia di kalangan jenis obat ini. Taukah Anda apa kegunaan norit, juga informasi penting lain tentang produk ini?

Norit adalah karbon yang bersumber dari tumbuh-tumbuhan yang diaktifkan dengan kuat. Oleh karena itu pengobatan memakai norit walaupun dalam jumlah banyak tidak berbahaya, bahkan untuk anak-anak. Daya serap yang kuat dari Norit sangat baik untuk menghilangkan gangguan-gangguan dalam perut dan keracunan makanan. Mekanisme kerja dari obat ini adalah menjerap (adsorbsi) toksin atau produk bakteri yang ada di dalam saluran pencernaan.

Bahan baku untuk membuat karbon aktif cukup beragam, antara lain dari kayu, batu bara, kulit kacang, atau serbuk gergaji. Bahan baku ini kemudian ‘diaktifkan’ dengan cara kimia (mencampurnya dengan asam), atau dengan mengukus menggunakan uap/ gas pada temperatur tinggi. Hasilnya adalah arang berwarna hitam legam, namun tak berbau dan tak berasa.

Jika karbon aktif diperiksa dibawah Scanning Electron Microscopy (SEM), akan terlihat pori-pori dalam jumlah yang sangat besar. Pori-pori ini mempunyai ukuran yang bermacam-macam. Pori-pori yang berukuran lebih dari 50 nm disebut macropores, 2 nm – 50 nm mesopores, dan di bawah 2 nm micropores. Jika kita hitung, maka 1 gram karbon aktif mempunyai luas permukaan pori-pori 0,5 sampai 1,5 kilometer persegi. Suatu luas permukaan yang fantastik.

Pori-pori yang sangat luas ini mampu menangkap berbagai macam bahan, termasuk bahan beracun terutama melalui gaya Van der Walls. Oleh karena itu karbon aktif dapat digunakan pada kasus overdosis obat, keracunan makanan, atau tertelan bahan beracun. Namun, kemampuannya menangkap racun ini hanya terjadi di lambung dan usus, ketika zat beracun belum terserap dan masuk ke dalam peredaran darah. Sehingga, semakin cepat diberikan, semakin banyak racun yang dapat diserap.

Beberapa bahan tidak  dapat diserap oleh karbon aktif, misalnya litium, asam atau basa kuat, logam dan bahan inorganik (misalnya, natrium, besi, timah, arsen, yodium, fluorin, dan asam borat), alkohol (misalnya etanol, metanol, isoprofil alkohol, glikol, dan aseton), dan hidrokarbon (seperti minyak tanah, bensin, oli, dan hidrokarbon tumbuhan seperti minyak pinus). ,Pada kasus keracunan zat-zat tersebut, karbon aktif tidak boleh diberikan.

Tablet norit dipakai dengan cara ditelan sambil minum air pada gangguan-gangguan ini:

  1. Diare dengan atau tanpa kejang
  2. Perut kembang karena gas-gas menggumpal dalam usus (flatulance)
  3. Gangguan lambung karena pencernaan terganggu (indigestion)
  4. Rasa mual setelah minum alkohol berlebihan

Dosis pemakain adalah 3 kali sehari sebanyak 6-9 tablet sekali minum. Jadi total dalam sehari bisa 18 sampai 27 tablet. Pada keracunan karena daging, sosis, kerang, remis, udang, ikan, jamur, iakn tongkol dan sebagainya, atau karbol, lysol, dosisnya adalah langsung 20 tablet dan diulangi seperlunya.

Penggunaan pada anak-anak di bawah usia 3 tahun hanya atas petunjuk dokter. Sementara untuk pasien hamil, obat ini boleh digunakan sesuai instruksi dan aturan pakainya.

Pada beberapa kasus, harap perhatikan peringatan berikut: jika masih diare atau tidak merasa lebih baik setelah minum Norit, maka harap hubungi dokter. Untuk kasus keracunan, segera hubungi dokter dengan terlebih dahulu memberikan 20 tablet Norit kepada pasien. Apabila pemakaian Norit sedang berlangsung, maka tinja dapat berubah menjadi hitam. Pemakaian Norit dapat menyebabkan sedikit penyerapan pada obat tertentu, misalnya kontrasepsi. Bila perlu tanyakan pada dokter Anda.

Obat ini tidak memeliki efek samping atau aman. Setiap kemasan berisi 40 tablet berwarna hitam legam. Stabilitas sediaan adalah 4 tahun sejak tanggal produksi. Komposisinya yaitu karbon aktivus 125 mg, dan ditambah eksipien sampai 325 mg. Simpanlah di tempat sejuk dan kering. Produk ini diproduksi oleh PT Eagle Indo Pharma, Tangerang (juga pemilik merek minyak kayu putih Caplang), dibawah lisensi Norit NV, Amersfoot, Holland. Izin DepKes RI No DBL 8706002310 A1. Harga per kemasan adalah 10.900 rupiah.

Produk lain yang menggunakan tambahan karbon aktif (attapulgit) dalam komposisinya adalah Neo-entrostop dan Diapet NR (tambahan, bukan komposisi utama).

Referensi:

Leaflet dalam kemasan obat

Ikan tongkol oh ikan tongkol, http://ianegx.blogspot.com/2010/06/ikan-tongkol-oh-ikan-tongkol.html

sumber gambar: http://dokita.co/store/norit/

 

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

12 thoughts on “Mengenal Norit: Karbon Aktif

  1. Saya beli di indomart

  2. Saya cari norit kmna2 ko udh gak ada tlg dong info nya di mna saya harus cari norit

  3. Norit hilang dari pasaran di jogja, gak tahu wilayah lain kosong juga atau normal peredarannya

  4. Pa bagi mana mehilag kan opr dosis nutrimak kepa saya serig epersing

  5. kalau minum norit dilebur pakai air apa masih ada kasiatnya,makasih atas imponya

  6. Bismillah…suami mulai minum obat norit,,dia udah 3 hari bolak balik wc…
    Mudah2an beliau segera lekas sembuh…amin

  7. Saya sudah 3hari kembung+diare ..sehari bisa 10x lebih bolak balik kmr mnd. hari ke dua minum diap*t hari ke 3 pagi masih berasa kembung+diare.akhirnya jam 8 pagi td tak ksh norit dosis pertama 9butir….mantab..frekuensi diare nya lumayan berkurang jadi 2x sampe siang…dan stlh minum dosis ke dua BAB sudah lumayan bagus.gak cm keluar air..dan kembung pun hilang tp feses jadi wrn hitam

  8. Bang minta kontaknya, mau pesen juga nih

  9. Wah banyak juga ya kegunana norit udh gitu aman. Kebetulan lg diare
    http://Www.ihsandonesian.blogspot.com

    • saya seminggu mencret tiap hari minum diapet sm entrostop tetep aja bolak balik ke wc, sehari 10 lebih, saya ingat sm obat nurit, Alhamdulillah setelah minum nurit ndak bolak balik lg ke wc

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s