Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

SMP dan SMA Terbaik di Kota Metro

1 Comment


logo siap ppdbAnda lulusan SD, SMP atau orang tua yang butuh informasi sekolah-sekolah mana yang bagus di Kota Metro? Postingan ini sangat berguna banget. Di sini akan Anda temukan SMP dan SMA pilihan pelajar dan orang tua dari yang sukar dimasuki sampai yang lebih mudah. Juga ada informasi trend pemilih, serta statistik-statistik ringan yang InsyaAllah bermanfaat. Data-data diperoleh dari SIAP PPDB Kota Metro, yang makin canggih aja kota ini dalam merekrut pelajar-pelajarnya.

Kita  mulai dulu dari jumlah fasilitas pendidikan yang ada di Kota Pendidikan ini.

Jumlah SD dan sederajat total ada 66 tersebar di 5 kecamatan dengan rincian ada SD Negeri, SD Swasta, Madrasah Ibtidaiyah (MI), dan SLB (sekolah Luar Biasa). Untuk SD Negeri ada 12 di Metro Pusat, 8 di Metro Utara, 9 di Metro Barat, 10 di Metro Timur, dan 8 di Metro Selatan. Untuk masuk SD di Metro tidak ada seleksi nilai, seleksinya berdasarkan usia dan jarak rumah orang tua ke sekolah. Untuk kualitas, (mungkin) sama saja, tinggal mana yang lebih sreg, hanya ada catatan SD N 1 Metro Pusat kualitasnya lumayan. SD Swasta juga tidak mau kalah, seperti SD Muhammadiyah yang kini menglahkan SD Pertiwi Teladan. Tapi SD swasta ini mahal bro, uang masuknya aja 4 juta, dan uang bulanan 100ribu. Tapi kualitasnya emang yahud, si anak di ajarin ngaji dan penumbuhan karakter.

Lanjut ke SMP dan SMA. Total ada 31 SMP dan sederajat di Kota Metro, dengan rincian 10 SMP Negeri, 2 SMP Terbuka Negeri, dan sisanya adalah swasta. Sedangkan SMA dan sederajat total ada 24 dengan 6 SMA Negeri. Untuk tahun ini, pendaftaran SMP dan SMA dilaksanakan serentak tanggal 24-28 Juni 2014. Oya, untuk SMK total ada 15 buah.

Mari kita mulai dari SMP dulu: Berikut data daya tampung SMP di Kota Metro.

daya tampung SMP

 

Sementara hasil seleksi sebagai berikut:

 

SMP

Mari kita analisis beberapa sekolah di atas.

SMP Negeri 1 Metro merupakan SMP favorit sejak dulu. Sampai sekarang pun masih favorit dan bangunan fisiknya makin besar saja setelah pindah ke gedung barunya di sebelah kantor pajak. Dari kapasitas penerimaan, SMP ini juga paling besar dibanding 9 SMP lainnya.

SMP N 3 Metro juga masuk dalam SMP favorit, siswa lulusan SD kalau tidak daftar SMP 1 bisa jadi daftar SMP 3. Keduanya sama bagus, menangnya SMP 3 adalah lebih dekat dengan pusat kota sekitar 1 km sehingga posisinya lebih strategis.

SMP N 4 Metro, beberapa tahun terakhir, sekolah ini naik daun dan makin diminati mengalahkan SMP 2. Sistem manajemen yang bagus, juga tekad sekolah untuk lebih baik menyalip SMP-SMP lain yang lebih terkenal lebih dulu. Lokasinya di daerah kampus, dekat dengan SMP 2 dan universitas-universitas di Kota Metro. SMP 4 Metro memang “unik”, lihat saja rata-ratanya siswa yang diterima 26,3 artinya yaitu tepat di bawah SMP 1 (28,9). SMP 4 Metro, walau menyediakan kursi 224 buah, namun uniknya hanya terisi 196 kursi.

SMP-SMP lainnya menjadi favorit di kecamatannya masing-masing: SMP 5 untuk Metro Selatan, SMP 6 untuk Metro Utara, SMP 7 untuk Metro Timur (bedeng 24), SMP 8 untuk Metro Utara sisi timur (Karangrejo),SMP 9 untuk Metro Barat (bedeng 16 polos), SMP 10 untuk daerah Bantul dan sekitarnya (Metro selatan paling selatan).

Berikutnya data SMA:

daya tampung SMA

 

Hasil seleksinya:

SMA

 

SMA Negeri 1 Metro (SMANSA) memang favorit sedari dulu dan bisa kita lihat inputnya memang bagus. Di bawahnya ada SMP 3 Metro (SMANTRI), SMA 5 Metro, SMA 4 Metro, SMA 2 Metro (SMANDA), dan SMP 6 Metro.

Bagaiaman trend pendaftar? Pendaftar trend-nya pilihan pertama yaitu SMA N 1, dan pilihan kedua SMA 3. Mengapa selisih nilai antara SMA 1 dan lainnya terpaut paling jauh? Karena SMA 1 memang bagusnya banget dan yang lainnya “kurang bisa” untuk menyaingi. Jadilah menjadi incaran warga Kota Metro dan Luar Kota Metro. SMA 1 Metro bisa dikatakan favorit di Lampung (selain SMA 2 Bandar Lampung), dan sangat bisa bersaing dengan SMA-SMA di Pulau Jawa.

Lalu, data apalagi yang bisa dianalisis dari SIAP PPDB? Ini dia, dari mana saja asal siswa di SMP 1 Metro dan SMA 1 Metro. Ini bisa dipakai menjadi pijakan SD dan SMP mana yang mendominasi mengisi kedua sekolah tersebut (dengan asumsi lulusan SD dan SMP mendaftar di Kota Metro exclude siswa yang mendaftar di Bandar Lampung atau di Jogja).

Data pendaftar di SMP N 1 Metro (data kasar):

sebaran SD asal

MP = Metro Pusat, MB = Metro Barat, MUH = SD Muhammadiyah, TLD = SD Pertiwi Teladan

Berdasarkan grafik di atas, makin menguatkan data bahwa SD Muhammadiyah mulai menunjukkan taringnya di Kota Metro. Sementara SMP N 4 Metro didominasi oleh pendaftar dari Metro Timur.

Di SMA 1 Metro asal sekolah siswa sebagai berikut sebarannya (data kasar):

sebaran SMP asal

SMP N 1 Metro : 58 siswa

SMP N 2 Metro : 50 siswa

SMP N 3 Metro : 28 siswa

SMP N 4 Metro : 80 siswa

SMP 5-10 Metro : 14 siswa

SMP swasta di Metro : 20 siswa

SMP luar kota Metro : 90 siswa

Kesimpulan yang bisa diambil*:

  1. SMP N 4 Metro untuk tahun ini mendominasi warga SMA N 1 Metro, disusul SMP 1, SMP 2, dan SMP 3 Metro.
  2. SMP N 5, 6, 7, 8, 9, 10 ternyata “kurang bisa bersaing” untuk bisa masuk ke SMA 1 Metro. Total siswa jika digabung hanya 13 siswa. Hal ini menjadi masukan penting untuk ke-enam SMP di atas untuk meingkatkan mutu. Juga untuk Dinas Pendidikan Kota Metro untuk melakukan evaluasi terhadap pemerataan kualitas pendidikan.
  3. SMP Swasta di Kota Metro didominasi oleh SMP Xaverius Metro,  lalu disusul SMP Kartikatama dan MTS Muhammadiyah (terpaut jauh). Jumlah SMP Swasta ini pun mengalahkan jumlah SMP 5 sd SMP 10 Metro.
  4. SMP dari luar Kota Metro banyak berasal dari Lampung Tengah dan Lampung Timur seperti SMP Purbolinggo, SMP Pekalongan, SMP Punggur, SMP Terbanggi Besar, SMP Gula Putih Mataram.

* kesimpulan ini adalah kasar dan memiliki kelemahan, karena sebenarnya Pemkot Metro menerapkan sistem zoonasi (pembagian wilayah) berdasarkan asal siswa dari kelurahan mana dan lokasi sekolah.

Referensi

http://metro.siap-ppdb.com/

Pedoman-PPDB-Kota-Metro.06301007

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

One thought on “SMP dan SMA Terbaik di Kota Metro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s