Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Jalur Kereta Purwokerto-Wonosobo akan Hidup lagi

1 Comment


Saya ga tau kenapa saya suka mengikuti perkembangan jalur kereta api. Semula cuma buka website PT KAI untuk pesan tiket, lalu di Google ada berita Pembukaan Jalur lagi Cinajur-Sukabumi yang akan diresmikan 7 Februari 2014 besok. Ternyata search lagi, banyak sekali jalur mati yang sekarang mungkin sudah beralih fungsi atau bekasnya tidak ada sama sekali.

Nah, berita yang cukup bikin kaget, tahun 2014 ini akan dibuka kembali jalur Purwokerto-Wonosobo. Ckckckc… itu kan jalur zaman dulu banget, sudah 25 tahun tidak di-operasikan. Apa bisa ya? Butuh duit berapa banyak tuh..

Jalur Purwokerto-Wonosobo, sepanjang 92 km, dilewati kereta Serajoedal Stoomtram Maatschappij (SDS), sepertinya memang akan ter-realisasi bakal “hidup” kembali. Berbagai studi sudah dilakukan oleh berbagai pihak. Jalur ini merupakan jalur dengan menawarkan pemandangan yang indah karena melewati pegunungan dan sungai-sungai, misalnya sungai Serayu.

Namun kondisi rel dan tanah sekarang sudah banyak yang berubah jadi rumah dan pertokoan. Nah ini bakal ada konflik nih dengan warga, walaupun diperjanjian statusnya warga adalah ngontrak sih. Namun, saya setuju kok jalur ini dihidupkan kembali. Pengen melihat jajaran pemandangan suasana dari Purwokerto Timur-Purbalingga-Banjarsari-Purwonegoro-Banjarnegara-Wonosobo.

Artikel inspiratif:

Menyusuri Jalur Mati (Rel Sepur) Wonosobo-Purwokerto

Komentar cerdas dari Iwan:

Seandainya saja jalur2 itu dmanfaatkan sbagai jalur wisata seprti di ambarawa.Purwokerto timur-wonosobo rasanya lumayan indah.Warga Di kampung saya (Temanggung) sangat merindukan kereta itu.Hmmmm.Kalo pemerintah kolonial aja bisa membangun,mengapa pemerintah yg modern ini hanya bisa menutup?

Sekian dulu.. semoga bisa terwujud.

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

One thought on “Jalur Kereta Purwokerto-Wonosobo akan Hidup lagi

  1. mungkin harus dan butuh aksi nyata pada pemerintah setempat untuk memnbagun kembali!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s