Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Telomer dan Telomerase

Leave a comment


Syarat penting untuk sel normal melakukan pertumbuhan adalah adanya stabilitas genetik. Namun, pada sel kanker, justru yang terjadi adalah instabilitas genetik, dan ini menjadi sifat yang paling jelas nampak pada kanker. Instabilitas genetik mungkin bisa menjadi jawaban mengapa pada kanker kok sering terjadi mutasi. Ya itu tadi, karena genetiknya tidak stabil maka pada pembelahan berikutnya menghasilkan sel-sel yang makin amburadul.

Stabilitas genetik dapat terganggu melalui berbagai cara contohnya kegagalan perbaikan mismatch  (salah pasang), segragasi kromosom yang tidak tepat, re-arrangement (penataan ulang) kromosom, dan kehilangan telomer.

Telomer adalah suatu kompleks antara DNA dengan protein yang menutup dan melindingi ujung-ujung kromosom. Sedangkan telomerase adalah enzim protein-RNA yang memperpanjang telomer setiap kali sel membelah.

Pada manusia, sel-sel embrio terbukti mengekspresikan telomerase tetapi pada orang dewasa hanya sedikit sel yang memiliki aktivitas telomerase. Telomer secara bertahap menjadi lebih pendek sejalan dengan bertambahnya umur sel. Erosi ujung kromosom akan membaatasi jumlah pembelahan sel.

Pada sel kanker, terjadi aktivasi abnormal telomerase yang mencegah pemendekan telomer dan menyebabkan sel terus menerus membelah. Dengan demikian sinyal untuk menghentikan pertumbuhan diabaikan pada tumorigenesis.

Struktur telomer

Kenyataan ini menimbulkan pemikiran ke arah menghambat aktivitas telomerase sebagai salah satu alternatif terapi.

Mekanisme kerja telomerase

Setiap sel membelah, sel akan selalu kehilangan 50-100 pasangan basa pada ujung telomer. Hal ini merupakan konsekuensi polaritas untaian DNA dan mekanisme replikasi DNA. Jika telomer kehilangan sejumlah pasangan basa, maka telomer memberikan rangsangan kepada sel untuk menghentikan pembelahan sel. Kehilangan telomer diatasi oleh sel dengan mengaktifkan telomerase yang menambah sekuen telome untuk mengganti sekuen yang hilang. Aktivasi telomerase mencegah pemendekan kromosom dan penuaan dengan konsekuensi  proliferasi terjadi terus-menerus.

Struktur telomer di ujung kromosom memendek akibat replikasi DNA. Jika panjang telomer mencapai titil kritis, sebagian besar sel keluar dari siklus sel dan berhenti berprilferasi. Enzim telomerase akan menambah asam-asam amino yang diperlukan untuk membentuk telomer sehingga menambah kemampuan sel untuk membelah.

Proses ini berlangsung seimbang, mencegah kromosom memendek selama pembelahan sel dan mencegah sel untuk menerima sinyal penghentian pembelahan sel. Sel yang memproduksi telomerase di antaranya stem cell dan sel kanker, sedangkan sel somatik normal tidak memiliki aktivitas telomerase. Stem cell mengurangi aktivitas telomerase secara bertahap sesuai dengan penuaan sel; kadar telomerase dalam stem cell hanya cukup untuk mencegah kehabisan telomer dalam jaringan yang perlu memperbaharui diri dengan cepat.

Telomerase dianggap sebagai marker baru yang merupakan indikator prognosis dan sasaran terapi pada kanker.

The dual role of telomeres and telomerase in cancer development

telomer

The dual role of telomeres and telomerase in cancer development. Telomeres and telomerase function both as a tumor suppression mechanism as well as a crucial factor in allowing cells to become tumorigenic. The contribution of telomeres and telomerase activation to tumor suppression and promotion depends on the genetic context and the proliferative history of the nascent cancer cell.

Referensi

Hahn WC. Role of telomeres and telomerase in the pathogenesis of human cancer. J Clin Oncol. 2003 May 15;21(10):2034-43.JCO-2003-Hahn-2034-43

Masutomi K, Hahn WC. Telomerase and tumorigenesis. Cancer Lett. 2003 May 15;194(2):163-72.T

Meeker AK, De Marzo AM. Recent advances in telomere biology: implications for human cancer. Curr Opin Oncol. 2004 Jan;16(1):32-8.

Kresno SB, 2011, Ilmu Onkologi Dasar, BP FKUI, Jakarta

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s