Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Tentang Sanbe Farma

10 Comments


PT Sanbe Farma merupakan group perusahaan farmasi yang melaksanakan pengembangan formulasi, produksi, dan penjualan produk obat yang aman dan berkualitas tinggi. Sanbe Farma didirikan oleh bapak Jahja Santosa Apt pada tahun 1975. Unit yang pertama kali berdiri adalah Unit I yang bertempat di Leuwigajah. Pada mulanya Unit I ini memproduksi obat steril dan obat non steril. Pada tahun 1985 Sanbe mulai memproduksi obat-obatan β-laktam dan sephalosporin. Produksi antibiotik ini dilakukan di pabrik Unit II yang juga terletak di Leuwigajah.

Memasuki tahun 1992, Sanbe Farma mulai memproduksi obat-obatan over the counter (OTC) salah satunya  adalah Sanaflu. Setelah tiga puluh tahun, Sanbe Farma menjadi perusahaan farmasi terbesar di Indonesia dan menurut IMS report tahun 2007. Sanbe Farma menempati posisi teratas dari 205 industri farmasi, termasuk 41 industri multinasional di Indonesia. Dari lima belas produk ethical yang diresepkan di Indonesia, empat produk berasal dari Sanbe Farma.

Jangkauan pasar Sanbe Farma mencakup lebih dari 60.000 dokter yang dilayani oleh 1.000 medical representative, melalui jaringan distributor yang terdri dari 1.100 sales, 35 cabang, 60 sub depot, dan industri dengan 8000 personel. Seluruh fasilitas di Indonesia sesuai dengan cGMP Indonesia untuk pabrik farmasi dan sesuai dengan Standar Internasional.

Sanbe Farma mempunyai 22 pusat distribusi di seluruh Indonesia. Seluruh produk Sanbe Farma dipasarkan melalui distributor tunggalnya, PT Bina San Prima. Dengan demikian, distribusi produk dapat terkoordinasi dengan baik. Untuk meningkatkan peran sertanya dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Sanbe Farma juga mendirikan Santosa Bandung International Hospital.

Dengan pesatnya perkembangan ilmu kesehatan dan bioteknologi, Sanbe Farma saat ini juga mengembangkan obat-obat modern berbasis bioteknologi seperti vaksin, protein, dan hormon. Seluruh kegiatan operasional Sanbe Farma dilaksanakan oleh tiga unit pabrik. Unit I dan II terletak di Kawasan Industri Leuwigajah sedangkan Unit III berada di Kawasan Industri Cimareme. Unit I memproduksi sediaan padat, semipadat, dan cair (non-antibiotik). Unit II memproduksi sediaan β-laktam (derivat penisilin) dan sefalosporin, sedangkan Unit III memproduksi sediaan steril yaitu infus, injeksi, tetes  mata, salep mata, dry injection, dan hemodialisa serta produksi fat.

Selain memproduksi produk sendiri, Sanbe Farma juga memproduksi obat  ethical dengan lisensi dari perusahaan lain. Beberapa perusahaan asing yang memberikan lisensi ke Sanbe Farma diantaranya : (1) A.Menarini (Italia). Produknya antara lain Damaben, Dilmen, dan Rhetoflam 2,5%. (2) Dr. Winzer (Jerman). Produknya antara lain Betam-Ophtal, Crom-Ophtal, Tim-Ophtal 0,5%, 0,25%, dan Betagentam. (3) Zambeletti (Italia). Produknya adalah Urotractin.

Sanbe Farma Produk Onkologi

Sanbe juga memproduksi beberapa macam obat antikanker (oncology). Perusahaan ini adalah yang pertama “membuat” di rumah sendiri. Sebelumnya, perusahaan lainnya mengimpor dari perusahaan asing (China, India, atau Eropa). Misal PT Ferron ambil dari Ebewe dan Dr. Redish, Kalbe ambil dari China. Perusahaan lain yang masih impor produk onkonya adalah Novel, Combiphar, dan Tempo Scan.Namun, trend saat ini pada ngikuti Sanbe misal Dexa Medica lagi bikin plant Onko juga. Investasi di lini produk ini sungguh menguntungkan karena harga obatnya mahal, masih jarang, dan banyak dibutuhkan.

Obat lini onkologi Sanbe yaitu Doxetasan (docetaxel), Getanosan (gemcitabine), Rasteo (vikristin), Romisan (irinotecan), Rubisandin (epirubicin HCl), Sanbelat (bleomisin), Sandobicin (doksorubisin), Sanotrexat (metotreksat), Sanroxa (oxaliplatin), Santotaxel (paclitaxel) (Upss, seperti biasa merek obat Sanbe pasti ada kata SAN nya).

Sanbe Farma Sterile Preparation Plant

PT Sanbe Farma Sterile Preparation Plant (Unit III) yang berlokasi di Jl. Industri Cimareme No.8 Padalarang merupakan unit Sanbe Farma yang  menempati lahan seluas 2,9 hektar ini menggunakan teknologi terbaru yang dikhususkan untuk produksi dan pengemasan sediaan steril. Pembangunan unit III dimulai tahun 2000 dan selesai pada Desember 2004. Peluncuran produk baru unit III dilaksanakan pada bulan Oktober 2005, dan  peresmian unit III dilakukan pada 4 November 2006 oleh Menteri KesehatanRI.

Produk yang diproduksi oleh unit III digolongkan menjadi dua yaitu produk Small Volume Parenteral (SVP) meliputi ampul, infus botol, tetes mata, salep mata, dan dry injection dan produk Large Volume Parenteral (LVP) meliputi sediaan infus dalam kemasan soft bag dan larutan hemodialisa. Produksinya dilakukan melalui proses aseptis dan terminal sterilization. Produk digunakan untuk mencukupi kebutuhan pasar dalam negeri dan ekspor.

Sanbe Farma telah disertifikasi oleh Badan POM dan Badan Internasional (Sertifikat dari HSA, Singapura). Sertifikat CPOB dan Badan POM untuk sediaan infus antibiotik, infus non antibiotik, sediaan injection, sediaan dry injection, sediaan sterile eye drops, sediaan sterile eye ointment antibiotic, sediaan sterile eye ointment non antibiotic.

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

10 thoughts on “Tentang Sanbe Farma

  1. Pingback: Profil PT Sanbe Farma – Judul Situs

  2. Saya punya apotik di lampung, cuma belum pernah jual produk sanbe.. soalnya sales dari BSP yg ethical tidak mau masuk dikarenakan sudah banyak masuk ke dokter2 .. padahal barang sanbe banyak yg cari.. mohon untuk bantuannya ya. Apt. Rimbun farma kotabumi lampung

  3. Km kok apal banget nama2 produk yg diproduksi di tempatku.

  4. ada lowongan pekerjaan gk di sanbe
    saya di bandung antapani

  5. saya bangga bisa bekerja di sanbe farma

  6. Saya bangga sudah 2 tahun menjadi salah satu karyawan di PT. Sanbe Farma

    • mantaap gan, invite pin saya 25a978bc atau no hape 087728899884. saya lg melamar ke sanbe mau nyari info ke agan soal sanbe. maksih atas kerjasamanya

  7. saya berminat bekerja di pt sanbe pharma dg pngalaman kerja saya sebagai operator cetak tablet nbl/bl selama 6 tahun besar harapan agar saya dapat diterima menjadi pekerja dilingkup perusahaan yg bpak ibu pimpin. 085798945334 berikut saya sertakan no hp saya untuk memudahkan identitas saya.atas perhtian nya saya mengucpkan terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s