Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Setelah Meneguk Pomegranat Malam Ini

Leave a comment


Memasuki malam selepas Maghrib, di hari “kejepit” nasional ini membuat saya betah-betahan aja di Purwokerto (tidak ke Jogja maksudnya). Keluar cari makan bareng temen di depan SMA 2. Satu porsi daging di makan berdua, wah udah kayak sodara kandung aja kita. Lanjut sholat di masjid yang kata saya enak bgt. Bersih, luas, rapi, dan bikin sholat jadi khusyuk. Suasana sekitar juga masih asri, taman di tata bagus, lantai kinclong, air dingin menyegarkan, dan tidak ada sampah. Mana lagi kalo bukan Masjid Unwiku di daerah dekat RM Tantene, Purwokerto Barat.

Pulang, mampir ke Alfamart di daerah Bancarkembar beli minuman Pome. Masih inget kan iklannya yang dibintangi Titi Kamal itu? Saya pilih Pome yang original, karena sekarang ada beberapa pilihan Pome yang lain misal rasa jambu atau campuran pomegranat dan anggur (di tulis dengan brand Pomerama).

pomegranatePome, ga usah pake ditanya ke perusahaannya segala, pasti diturunkan dari nama Pomegranate. Pomegranat di Indonesia tak lain adalah nama buah yang sudah sangat terkenal di negeri ini, Delima. Emang, saya akui buah ini lagi naik daun, baik dari penelitiannya yang publish di jurnal-jurnal atau produk-produknya dalam minuman atau suplemen. Suplemen baik yang diimpor oleh perusahaan lokal misal Kimia Farma atau lewat jalur MLM, banyak banget beredar. Produk  berbahan dasar pomegranat pun beragam, mulai dari klaim khasiat obat sampai krim kecantikan. Klaim khasiat pun beragam dari antioksidan, mengatasi gangguan perut, gangguan jantung, perawatan gigi, rematik, kurang darah, diabetes sampai antikanker. Hmm.. memang ada apa sih kandungan di buah berwarna merah alias delima ini?

Delima (Punica granatum) berasal dari Timur Tengah, tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai di bawah 1.000 m dpl. Tumbuhan ini menyukai tanah gembur yang tidak terendam air, dengan air tanah yang tidak dalam. Delima sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan (Wikipedia.org). Tentang deskripsi tanaman, klasifikasi ilmiah, jenis delima, penggunaan tradisional, dll silahkan baca di Wikipedia saja ya. Kali ini akan lebih saya kupas penelitian-penelitian yang sudah dilakukan.

Kandungan utama pada buah delima adalah senyawa polifenol. Menurut penelitian Qu dkk (2011) yang paling banyak adalah punicalagins A dan B, asam galat dan ellagic acid. Pengujian within day dan inter-day, range kadar metabolit tersebut adalah 1,9% sampai 6.6% dan 5.3% sampai 11.4%. Punicalagins are reported to possess remarkable anti-inflammatory and anti-genotoxic properties. Whereas antiproliferative, anticytotoxic, antifungal and antibacterial properties have been reported for gallic acid. Ellagic acid has been shown to possess antioxidant, anticancer and antiatherosclerotic activities.asam galat

Qu pada penelitiannya lebih fokus pada pengembangan metode HPLC untuk menentukan senyawa-senyawa di atas. Point penting yang didapat adalah lama waktu ekstraksi berpengaruh pada kadar metabolit yang didapat. Ketika proses ekstraksi singkat (kurang dari 20 menit) maka yang banyak terekstrak adalah asam galat dan ellagic acid, sedangkan jika proses lama (lebih dari 60 menit)maka yang banyak adalah punicalagin A dan B. Hal ini memberikan informasi penting, kita mau menyasar yang mana nih? Misal kita lebih inginkan asam organiknya, maka pilih ekstraksi yang lebih singkat. Mengapa waktu lebih lama menghasilkan senyawa punicalagin lebig banyak? Simpel jawabannya karena dia adalah produk kondensasi (penggabungan) dari asam organik sederhana. Semakin lama semakin banyak asam organik yang berkondensasi.

Pomegranate is known to contain estrogens (estradiol, estrone, and estriol) and show estrogenic activities in mice. Mori-Okamoto (2004) suugest the pomegranate extract inhibits ovariectomy-stimulated bone turnover. It is thus conceivable that pomegranate is clinically effective on a depressive state and bone loss in menopausal syndrome in women.

Dan apa yang terjadi setelah meneguk pomegranat malam ini? Badan saya jadi seger, enak banget coz dingin baru dikeluarin dari kulkas soalnya. Sambil jalan pulang, nulis tentang pomegranat ah …

dll to be continued ..

Referensi

Dey D, Debnath S, Hazra S, Ghosh S, Ray R, Hazra B. Pomegranate pericarp extract enhances the antibacterial activity of ciprofloxacin against extended-spectrum β-lactamase (ESBL) and metallo-β-lactamase (MBL) producing Gram-negative bacilli. Food Chem Toxicol. 2012 Dec;50(12):4302-9. doi: 10.1016/j.fct.2012.09.001. Epub 2012 Sep 11.

Qu, W., Breksa III, AP., Pan, Z., Ma, H., Quantitative determination of major polyphenol constituents in pomegranate products, Food Chemistry 132, 3, 1 June 2012, 1585–1591

Mori-Okamoto J, Otawara-Hamamoto Y, Yamato H, Yoshimura H. Pomegranate extract improves a depressive state and bone properties in menopausal syndrome model ovariectomized mice. J Ethnopharmacol. 2004 May;92(1):93-101.

Faria A, Calhau C. The bioactivity of pomegranate: impact on health and disease. Crit Rev Food Sci Nutr. 2011 Aug;51(7):626-34. doi: 10.1080/10408391003748100.

Jadeja RN, Thounaojam MC, Patel DK, Devkar RV, Ramachandran AV. Pomegranate (Punica granatum L.) juice supplementation attenuates isoproterenol-induced cardiac necrosis in rats. Cardiovasc Toxicol. 2010 Sep;10(3):174-80. doi: 10.1007/s12012-010-9076-9.

Medline

S. Madrigal-Carballob, G. Rodriguezb, C.G. Kruegera, M. Dreherc, J.D. Reeda, Pomegranate (Punica granatum) supplements: Authenticity, antioxidant and polyphenol composition, Journal of Functional Foods, 1, 3, July 2009, 324–329

Jeune MA, Kumi-Diaka J, Brown J. Anticancer activities of pomegranate extracts and genistein in human breast cancer cells. J Med Food. 2005 Winter;8(4):469-75.

Gil MI, Tomás-Barberán FA, Hess-Pierce B, Holcroft DM, Kader AA. Antioxidant activity of pomegranate juice and its relationship with phenolic composition and processing. J Agric Food Chem. 2000 Oct;48(10):4581-9.

Pomegranate juice consumption inhibits serum angiotensin converting enzyme activity and reduces systolic blood pressure

pubacs 1

pubacs 2

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s