Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Biaya di Gontor

5 Comments


Ada orang bilang, yang bisa sekolah di Gontor adalah orang-orang kaya. Emang ga menampik beberapa fakta emang banyak orang kaya yang menyekolahkan anaknya di Gontor. Gak salah juga pas jenguk adik ke sana banyak mobil sliweran dari berbagai plat nomer daerah di Jawa dan luar Jawa.

Namun bagi orang tua yang penghasilannya pas, pas buat makan, pas buat beli baju, hehe gak ding. Intinya jangan berkecil hati dulu. Sebenarnya biaya sekolah di Gontor bisa dikatakan murah lho. Kok bisa, bagaimana penjelasannya?

Begini, biaya di Gontor putra (pengalaman selama ini) per bulan biayanya rupiah 480.000,00. Ada yang coba membandingkan: “Lho anak saya di SMA 1 Jogja per bulannya cuma 320.000,00 tuh. Lebih murah donk”. Eits tunggu dulu.

Biaya 480.000 itu adalah biaya sudah biaya semua-semua Bapak ibu: biaya sekolah, biaya makan 3x sehari selama 30 hari, dan biaya tempat tinggal, dan semua kegiatan rutin lainnya yang masih banyak lagi. Wow, dengan biaya tersebut kita gak perlu pusing lagi untuk nge-lesin anak Bahasa Inggris atau Bahasa Arab (karena di sana bahasa pengantarnya emang kedua bahasa itu), gak perlu lagi ngeluarin biaya transport, ga perlu lagi mikiran kosan, ga perlu lagi mikirin uang jajan harian (karena anak kita ga mungkin kelaparan), dan lain-lain.

Nah, kata orang tua yang nyekolahin di kota besar biaya sekolah 320.000, seandainya dari luar kota biaya kos 200.000/bulan, makan harian 21ribu x 30 = 630ribu, biaya transport, biaya internet, biaya buku, biaya pulsa, biaya les bahasa inggris, dll. Total ya bisa jutaan.

Di Gontor ga perlu biaya internet karena di sana emang ga ada internet (he..he..), ga perlu biaya pulsa karena ga boleh bawa hape. Biaya tambahan paling untuk nelpon via wartel, biaya kirim wesel pos (10.000 untuk transfer nominal 300.000, lebih dari itu 15.000).

Namun, kita ga usah pusing mikirin biaya-biaya di Gontor, InsyaAllah kecandak kok. Kita tidak boleh berhenti atau menghalangi anak yang pengen sekolah di sana, dengan bilang biayanya mahal. Mengingat manfaat yang melimpah jika kita menyekolahkan anak ke sana: kemandirian dapet, kedisilpinan, bacaan Quran, sholat, dan bahasa arab yang bagus, sopan, dan pastinya anak jadi pinter. Ya iya 18 jam belajarnya, mulai dari jam 4 subuh sampe 10 malam.

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

5 thoughts on “Biaya di Gontor

  1. Biaya awal masuknya berapa? Dan apa saja yg harus dipersiapkan😉

  2. assalamualaikum..trims infonya, kalo utk tahun ini, tanggal brapa ya mulai pendaftarannya? trims

    • Pendaftaran calon pelajar (capel) Pondok Modern Darussalam Gontor dilaksanakan pada:

      Tanggal 23-27 Ramadhan 1435 dan 3-10 Syawwal 1435 untuk putra, bertempat di Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat, Mlarak, Ponorogo;
      Tanggal 23-27 Ramadhan 1435 dan 3-14 Syawwal 1435 untuk putri, bertempat di Pondok Modern Gontor Putri 2, Sambirejo, Mantingan, Ngawi.

      info lebih lengkap di sini: http://www.gontor.ac.id/pendaftaran

  3. Assallamuallaikum… Baca blog diatas jd pengen masukin anakku nanti sekolah kesana, dr jenjang pendidikan apa dan sampai dmn disediakan dgontor? Bisa tlg mnt rincian data biaya sekolahnya? Terimakasih.

    • waalaikum salam,, KMI kelas reguler, untuk lulusan SD, 6 thn (setara SD+ SMA), KMI kelas intensif, untuk lulusan SMP, 4 tahun (setara SMA). dan ISID (Sarjana dan pascasarjana)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s