Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

“Sari Buah”, “Minuman Sari Buah”, dan “Minuman Rasa Buah”

Leave a comment


Ketika Anda masuk ke Indomaret posisi di sebelah kiri pasti terpampang kulkas minimal 3 buah, paling kiri warna merah, itu Coca Cola Company punya tuh. Isinya produk-produk Coca Cola Company terntunya, misal Coca Cola, Frestea, Pulpy Orange, Ades, dll.

Kulkas kedua isinya macam-macam, ada teh, air meneral, dan tentunya ada “Sari Buah”, “Minuman Sari Buah” dan “Minuman Rasa Buah”. Awas pemirsa, yang saya beri tanda petik itu adalah tiga produk yang berbeda lho. Apa bedanya? Mari kita kupas.

Sari buah termasuk pada kategori pangan 14.1.2.1 Sari Buah. Adapun minuman sari buah dan minuman rasa buah termasuk pada kategori pangan 14.1.4.2 Minuman Berbasis Air Berperisa Tidak Berkarbonat, Termasuk Punches dan Ades.

Perbedaan mendasar diantaranya adalah kandungan sari buah. Pencantuman % sari buah dimaksudkan sebagai informasi kepada konsumen perihal kadar sari buah pada masing-masing produk.

Sari buah kandungan bisa sampai 90%. Sedangkan Minuman Sari Buah artinya terbuat dari 35% sari buah, sedangkan Minuman Rasa Buah hanya menggunakan 10% sari buah.

Mengapa sih orang-orang sekarang memburu produk sari buah-sari buah seperti ini?

Pertama, tentunya karena gencarnya iklan. Kalo kita pantengin televisi sejam saja, maka iklan sari buah muncul kejar-kejaran. Dari Buavita, Pome, Nutri Sari, Country Choice, Sari Buah ABC, dan masih banyak lagi.

Kedua, dipajang cantik di Indomaret. Tahu sendiri sekarang tiap 500 meter pasti ada dua warung terang benderang buka 24 jam Indo dan Alfa. Mereka memajang produk minuman ini dalam lemari es transparan, adem, dan menggoda selera. Walo produk-produk di atas bisa dikategorikan “mahal”, tetap aja laris manis.

Ketiga, orang sekarang ambil yang praktis-praktis aja. Ga sempat makan sayur dan buah segar, jadinya minum yang udah jadi aja deh. Tinggal tusuk pake sedotan, sedot, dan (berpikir dan berharap) akan tercukupi kebutuhan gizi buah dan seratnya. Ya ga salah-salah amat sih, sy juga berpikir gitu (kadang-kadang).

Nah, kembali ke laptop. Buka pintu kulkas, nemu merek-merek ini. Buavita, Pome, Nutri Sari, Country Choice, Sari Buah ABC. Hayo, mana yang termasuk Sari Buah, Minuman Sari Buah, dan Minuman Rasa buah?

Jangan sampe ketipu lho ya, kudu aware. Kalo saya tebak sih pengennya /niatnya sih pasti nyari Sari buah atau Minuman Sari Buah. Ini karena prosentase sari buahnya lebih tinggi (dan memang lebih mahal).

Definisi sari buah adalah cairan yang diperoleh dari bagian buah yang dapat dimakan yang dicuci, dihancurkan, dijernihkan (jika dibutuhkan), dengan atau tanpa pasteurisasi dan dikemas untuk dapat dikonsumsi langsung. Sari buah dapat berisi hancuran buah, keruh, atau jernih. Pada sari buah hanya dapat ditambahkan konsentrat jika berasal dari jenis buah yang sama.

Hingga postingan ini ditulis, saya belum menemukan merek minuman dalam kategori Sari Buah. Ada yang tahu pemirsa?

Menginjak ke berikutnya.

Dalam rangka menjaga mutu produk sari buah, maka pemerintah menetapkan bahwa produk yang dibuat dari penambahan air dalam jumlah tertentu pada sari buah tidak dapat dinamakan sari buah. Produk tersebut dapat disebut sebagai Minuman Sari Buah atau Minuman Rasa Buah. Pengaturan pemberian nama yang berbeda untuk minuman yang mengandung sari buah telah diatur sejak tahun 1991 melalui Keputusan Dirjen POM Nomor 02240/B/SK/VII/1991 tentang Pedoman Persyaratan Mutu serta Label dan Periklanan Pangan (Anggraini, 2008).

Nah, ini adalah beberapa produk yang tergolong Minuman Sari Buah:

Buavita, dalam websitenya, pinter dia. Dia mengambil isu tentang kategori pembagian minuman versi BPOM ini dan dengan bangga menyebut Minuman Sari Buah. Ok, memang secara jelas sudah tertulis di kemasannya kandungan sari buahnya 35%.

Hati-hati lho ya, tertulis di websitenya 100% Minuman Sari Buah asli. Angka 100% itu artinya 100% minuman sari buah, bukan % sari buah (% sari buah ya 35% itu).

Pomerama, dalam kemasannya tertulis Minuman Sari Buah delima merah dan anggur.

ABC, masuk dalam Minuman Sari Buah.

Nah, bagaimana dengan Minuman Rasa Buah? Okky Jelly Drink, (Nutri Sari sachet ??),  Ini mah pake perisa aja bung. Pada produk ini, sari buah ditambahkan pada produk sebagai perisa, tidak perlu mencantumkan % sari buah pada labelnya. Pencantuman gambar buah tidak dapat dilakukan jika buah tersebut ditambahkan sebagai perisa. Gambar buah hanya dapat dicantumkan oleh sebagian produk sari buah. Namun lihat saja produk-produknya Wingsfood atau Garudafood, ada gambar buah di kemasannya. Ciri lain Minuman Rasa Buah, biasanya harganya MURAH.

Nu Juv, ada 3 jenis sebenarnya yang warna hijau muda (Shote), apel, dan Ungu. Saya belum ngecek dia termasuk Minuman Sari Buah atau Minuman rasa buah.

Minute Maid Pulpy Orange??

Kesimpulan: Pelabelan yang tepat diperlukan untuk membantu konsumen dalam memilih produk yang tepat dan sesuai. Konsumen juga harus aware, mau minum sari buah atau minuman rasa buah??

 

Referensi

Surat Keputusan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor HK.00.05.52.4040 Tahun 2006 tentang Kategori Pangan. Lampiran XIV Kategori Pangan 14.1.4.2 Minuman Berbasis Air Berperisa Tidak Berkarbonat, Termasuk Punches dan Ades.

Anggraini, I., 2008, Klasifikasi dan Pelabelan Minuman Buah, http://www.foodreview.biz/login/preview.php?view&id=55748

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s