Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Konsumen (Harap) Makin Cerdas terhadap Produk Susu

5 Comments


Suatu malam, saya puter-puter kaleng berwarna dominasi warna biru dengan diameter sekitar 10 cm dan beratnya 400 gram ini, mencoba menemukan kata Susu, eh emang gak ada.

Di komposisi tertulisnya begini: Sukrosa, air, susu bubuk skim, bubuk whey, campuran laktosa, lemak nabati, ektrak krim, perisa susu, kalsium karbonat, niasin, dst…

Akhirnya di temukan kata “Krimer Kental Manis” di kemasan dengan font cukup kecil dan posisi hurufnya tidak strategis, vertikal di tepi kanan.

Mencoba mencari definisi dari BPOM tertulis “Krim kental manis adalah produk susu yang berbentuk cairan kental yang diperoleh dengan merekonstitusi krim dengan penambahan gula hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu dengan atau tanpa bahan tambahan pangan yang diizinkan. Gula yang ditambahkan harus dapat mencegah pembusukan“. Persyaratan minimum: Kadar lemak susu tidak kurang dari 45%; Total padatan tidak kurang dari 65%.

Begini penjelasannya : susu dievaporasi untuk mengurangi kandungan air susu sehingga meningkatkan total padatan susu misal menjadi 65%. Kemudian ditambahkan gula (sukrosa) sebanyak 40-45% yang berfungsi ganda sebagai pengental dan pengawet (masuk dengan definisi BPOM di atas bukan?). Kandungan gulanya tertera dikaleng 20 gram, itu setara dengan 20 sachet gula yang ada dimeja-meja restoran. Oleh karena itu, rasanya sangat manis karena kadar gulanya sangat tinggi.

Lalu apa dampaknya jika gula terlalu tinggi? Yang jelas tidak baik untuk kesehatan karena dalam tubuh kadar gulanya menjadi sangat berlebih. Penjelasan lebih detail akan saya tuliskan menyusul..

Jika kita analisis komposisi di atas, ya memang di dominasi oleh komponen lemak (4500 mg), gula (20.000 mg), dan sedikit vitamin misal vitamin B1 (0,3 mg). Sementara kandungan susu bubuk skim saya suggestkanberperan penyedia kasein yang berperan sebagai emulgator (bahan peng-emulsi yang bisa membuat campur air dan lemak).

Kembali ke kemasan, memang tidak salah di kaleng tersebut tidak menyebut produknya sebagai susu.

Lalu, masalahnya dimana?

Yang menjadi masalah adalah di masyarakat sangat kuat sekali Image  suatu produk teetentu adalah susu, padahal ada beberapa produk yang kita kenal bukan kategori susu, sebagai contoh yang diulas di posting ini ternyata berupa Krimer Kental Manis.

Apa kata pakar tentang Susu:

  1. “Merupakan persepsi yang salah jika masih saja ada yang memilih susu kental manis yang dicairkan sebagai susu untuk diminum. Susu kental manis bukanlah susu. Sebab susu kental manis diciptakan hanya untuk aplikasi lebih lanjut olahan makanan seperti topping martabak maupun kue-kue,” tutur Prof Dr Ir Made Astawan MS selaku Anggota Dewan Pakar Persagi (Persatuan Ahli Gizi Indonesia) dan Guru Besar Institut Pertanian Bogor yang ditemui okezone pada acara xxxx
  2. “Masih banyak produk yang menggunakan label susu yang sebetulnya tidak bisa masuk ke dalam kategori produk diary,” ujar ahli nutrisi Emilia E Achmadi, MS, RD dalam acara Rayakan World School Milk Day untuk Perbaikan Gizi Anak di SDN01 Menteng, Jakarta, Rabu (26/9/2012). Emilia menjelaskan susu adalah cairan yang diproduksi oleh kelenjar susu pada mamalia termasuk manusia. Sedangkan seperti susu kedelai tidak termasuk susu karena ia berasal dari nabati, tapi ia bisa menjadi replacement (pengganti) pada orang yang tidak bisa mengonsumsi susu.

Nah, point sementara dari saya: Konsumen harus cerdas dan lebih aware, terhadap produk yang dibeli, baca dengan detil produk yang dibeli. Produsen juga harus lebih tegas menulis porduknya dengan huruf BESAR dan mudah terbaca jenis produknya.

Susu yang benar-benar susu bisa didapatkan dari ASI, atau beli susu segar di kafe-kafe yang lagi marak di berbagai kota misal Kalimilk Jl Kaliurang, SS (Special Susu, all about Susu ada di sini) di jalan Monjali, atau Kedai Susu Bang Topik depan rektorat Unsoed (langganan saya), atau Superman depan Kopkun dan di depan GOR. Ha..ha..

Referensi

Marselina, L., 2011, Susu Kental Manis Bukan Susu, http://lifestyle.okezone.com/read/2011/04/21/195/448713/susu-kental-manis-bukan-susu

Bararah, V.F., 2012, Susu Kedelai dan Susu Kental Manis, Bukanlah Susu, http://health.detik.com/read/2012/09/26/182737/2038735/763/susu-kedelai-dan-susu-kental-manis-bukanlah-susu

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

5 thoughts on “Konsumen (Harap) Makin Cerdas terhadap Produk Susu

  1. Keren Mok. (y)

  2. Saya baru semalam beli yang rasa coklat dan mengeceknya. Kalau yang coklat ada kata “susu kental manis”nya…
    How how??? Apa kategorinya memang beda taua bagaimana???

    • Hallo deyra, ya mengecek kemasan thdp produk yang kita beli adlh sesuatu yg penting🙂. Ya, saya coba mencari info terkait postingan ini dan menemukan informasi sbb: Badan POM telah mengeluarkan pengelompokan pangan yang dikeluarkan dlm SK Badan POM RI No.HK.00.05.52.4040 ttg Kategori Pangan. Kategori pangan disusun mengacu pada ketetapan CAC dan SNI. Ada 16 kategori pangan dimana setiap kategori tdr dr beberapa subkategori. Susu masuk dalam kategori nomor 01.0. Produk-produk susu dan terdiri dari 8 sub-kategori sbb:
      01.1 Susu dan minuman berbasis susu. Contoh produk diantaranya susu segar, UHT, susu pasteurisasi, susu skim, susu lemak nabati, buttermilk, minuman berperisa susu
      01.2 Susu fermentasi dan produk susu hasil hidrolisa enzim renin (tawar). Termasuk dalam subkategori ini diantaranya susu yang diferementasikan, susu yg diasamkan, yoghurt, dan susu yang digumpalkan dg enzim renin.
      01.3 Susu kental dan tiruannya.
      01.3.1 Susu kental (tawar)
      01.3.2 Krimer minuman (bukan susu)
      01.3.3 Susu Kental Manis (tawar, beraroma) dan tiruannya
      point ini dibagi lagi:
      – susu kental manis
      – susu kental manis denga lemak nabati
      – susu skim kental manis
      – susu isi kental manis
      – krim kental manis

      01.4 Krim (tawar) dan sejenisnya. Krim diperoleh dengan proses pemisahan antara lemak susu dan komponen lainnya. contoh: krim pasteurisasi, whipped cream, krim rendah lemak, krim asam
      01.5 Susu bubuk dan krim bubuk dan bubuk tiruan (tawar). Subkategori ini diperoleh dengan penghilangan air dari susu dan krim sehingga berbentuk bubuk. contoh: susu bubuk fullcream, susu bubuk berlemak instan, krim bubuk, campuran susu dan krim bubuk, bubur buttermilk.
      01.6 Keju dan keju tiruan (analog)
      01.7 Makanan pencuci mulut berbahan dasar susu
      01.8 Whey dan produk whey, selain keju whey

      * produk yang deyra beli bisa masuk ke dalam kategori yang sy bold. dengan membaca kemasan, kita tahu produk apa yg kita beli sgh tgtg tujuan apa yg kita cari. Semoga membantu

  3. yess pak itu cuma krim.

  4. Informasi yang sangat berharga,
    makasih ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s