Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Welcome to Jogja, My Own City

Leave a comment


Judulnya “sedikit” agak menipu sebenarnya, karena Jogja bukan asal kota saya. Dulu cuma numpang kuliah aja di kota ini. Tapi 7 tahunan lebih mendiami kosan yang sama, jadi udah terkenal di kawasan kos-kosan, dan udah serasa warga sana aja, haha. Tapi herannya, gak tau kenapa Jogja itu beda. Serasa ada spirit ketika di sana, kata kawan ada awan pelindungnya yang menyelimuti DIY yang berhembus dari kraton, ah ada-ada saja.

Seperti biasa, perjalanan dari kota Mendoan menuju kota Gudeg pakai bus yang sudah sangat sering saya pakai 2 tahunan ini. Dulu lebih parah, karena tiap minggu saya bolak-balik pakai bus ini, sampai-sampai saya hapal acara EfiTV dari Gags-nya, video, lagu, dan film-film yang diputer selama perjalanan. Gags, dengan tagline Just For Laugh, sebuah program TV entah dari negara mana (Quebec, red 2014), video pendek lucu-lucuan “ngerjain orang” semacam Spontan-nya Komeng gitu lah. Parahnya pas awal-awal, Efisiensi 4,5 jam nonstop muterin itu terus. Awal-awalnya sih bisa ketawa (lucu emang beberapa), tapi lama-kelamaan (karena sering liat), ya bosan juga. Tapi sekarang sudah diselang-seling, ada lagu, Gags, film, video klip, iklan, dll.

Lagu, seringnya sih diputer lagu band alay semacam Wali dan (Arwana apa ya, yang video klipnya orang-orang di kompleks perumahan jalannya kaku kayak robot, tapi abis ditempeli stiker cinta, jadi normal). Atau videonya ada cewek datang ke apartemen cowoknya, tapi cowoknya lagi selingkuh, cewek nangis-nangis mau bunuh diri, lalu ditolongin ma cleaning service apartemen, di bawa ke RS, kurang darah, dst, lupa siapa penyanyinya.

Film-film yang diputar yang saya ingat ada Ironman, hampir 4 kali saya nonton di bus. Sampai hapal adegan-adegannya. Film lain ada kartun remaja pembuat syal dari tanaman, tapi akhirnya hutannya jadi habis karena banyak orderan. Di masa tua dia menyesal karena bumi tidak ada pohon sama sekali. Film terakhir yaitu A Home Alone.

Video klip, biasanya diawali dulu dengan Company Profile bus Efisiensi dulu. “Pastikan harga tiket sesuai, dilarang merokok di dalam bus…dst” petikan script narator di video tsb. Lanjut dengan video klipnya Kla Project yang judulnya Yogyakarta. Videoklip lain yang sering dari Wali.

Iklan, yang sering sekali adalah teh C2. Ternyata untuk Royal Class sekarang minumnya C2, bukan Aguaria lagi. Mereka udah kerja sama kayaknya. Paket snack (roti) dan C2 tadi dikemas apik oleh PT Aeorxxx apa gitu (Garuda Indonesia Corp) warna ijo. Tapi hati-hati pemirsa, cek di kotaknya tanggal expired date-nya. Udah 3 kali selalu dapat udah expired date, biasanya lewat sehari. Saya tanya teman sebelah bangku juga tanggalnya udah lewat. Wah gawat… (ok forget it). Selain iklan C2, yang sering muncul adalah pupuk tablet SunBio (kalo ga salah). Setting iklan di ladang tembakau, istri petani yang ngedumel kok tanamannya kurus-kurus. Dst.

Asik lihat tayangan Efi TV, tidak terasa sampailah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jalanan Kulon Progo yang mulus-nya minta ampun dan super lebar. Biasanya bus nambah kenceng kalo udah masuk DIY. Next, melewati Kali Progo dan jembatannya jejer yang bagus pemandanganya dari atas. Next, sudah sampai di Ambarketawang. Lanjut naik shuttle yang disediakan gratis (bahasa Malay-nya Percuma, haha) ke Kota dan Bandara. Dan selamat datang di Jogjakarta.

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s