Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Ujian Jujur, Mengapa Tidak?

1 Comment


ujian jujurSeorang kawan yang masih undergraduate, suatu pagi SMS tentang kondisi mahasiswa Farmasi saat ini. Sepertinya di sana (kampus di seberang provinsi) sedang melakukan ujian responsi, yang mana tidak ada pengurutan nomor bangku ketika ujian. Yang dia sesalkan adalah mahasiswa merancang formasi tempat duduk supaya memudahkan untuk kerja sama.

Sebenarnya ini bukan kasus yang baru, praktik-praktik seperti ini dari dulu juga sudah berlangsung. Ketidakjujuran dalam ujian, banyak bentuknya. Bisa berupa kerjasama dengan rekan sebelah, atau membawa catatan kecil yang ditempatkan pada lokasi-lokasi tertentu. Ujian tidak jujur, biasanya didorong oleh rasa tidak percaya diri dan orientasi nilai yang bagus, dengan meninggalkan makna ujian tersebut.

Apakah praktik ketidakjujuran mudah diidentifikasi? Jawabannya, sangat mudah. Adanya geliat mencurigakan, tatapan mata, bahasa tubuh, semua bisa menjadi indikator sedang berlangsungnya praktik tersebut.

Kalau sudah demikian, pengawas memberikan teguran lisan, harap kerja sendiri, jika masih berlanjut maka akan dicatat di berita acara. Namun sebenarnya, perbuatan tidak jujur menimbulkan persepsi negatif tentang diri Anda  menjadi “tidak baik”. Jangan taruhkan nama baik  dengan tidak jujur ketika ujian. Perkuat rasa percaya diri dengan belajar sungguh-sungguh.  “Saya tidak mau di-cap sebagai pelaku tidak jujur dan membuat nama saya menjadi buruk”.

Terakhir, mari jalani ujian dengan bersikap jujur.

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

One thought on “Ujian Jujur, Mengapa Tidak?

  1. Menyontek dengan menyusun formasi duduk sudah ada dari dulu dan sudah banyak yang berhasil lulus dengan mempraktekkan cara tersebut. Yaaa itu namanya usaha… usaha yang tidak halal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s