Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Cytokine Network

Leave a comment


Sitokin adalah kategori molekul signalling yang memperantarai dan mengatur imunitas, inflamasi, hematopoiesis, dan banyak proses seluler lain. Sitokin awalnya diidentifikasi sebagai produk sel imun yang beraksi sebagai mediator dan regulator proses imun, namun belakangan diketahui banyak sitokin diproduksi oleh sel lain dibanding sel imun, dan mereka dapat berefek pada sel non-imun. Sitokin dapat juga disekresikan oleh sel glial pada sistem syaraf.

Sitokin adalah nama umum, nama lain didefinisikan berdasarkan anggapan fungsi, sel pensekresi, atau target aksi. Sebagai contoh, sitokin yang dihasilkan oleh limfosit disebut limfokin, sitokin yang dibuat oleh satu leukosit dan beraksi pada leukosit lain disebut interleukin, sitokin yang mempunyai aktivitas kemotaktik disebut kemokin. Sitokin dapat beraksi pada sel yang mensekresinya (aksi autokrin), sel tetangga (aksi parakrin), dan kadangkala sel yang jauh (aksi endokrin).

Sitokin yang bermain peran utama pada sistem imun innate termasuk: TNF-α, IL-1, IL-10, IL-12, IFN-α, IFN-β, IFN-γ, dan kemokin.

TNF-α diproduksi oleh activated makrofag dalam merespon mikroba, terutama LPS atau bakteri gram negatif. Stokin ini juga mediator penting pada inflamasi akut. TNF-α memediasi rekrutmen makrofag dan neutrofil ke situs infeksi dengan menstimulasi sel endotelial untuk memproduksi molekul adhesif dan dengan memproduksi sitokin kemotaktik, kemokin. TNF-α juga beraksi pada hipotalamus untuk memproduksi demam dan mendorong produksi protein fase akut (APP).

IL-1 adalah sitokin inflamasi lain yang diproduksi oleh activated makrofag. IL-1 mendorong aktivasi, kostimulasi, dan sekresi sitokin dan protein fase akut yang lain.

IL-10 diproduksi oleh activated makrofag, sel B, dan sel T helper. IL-10 didominasi suatu sitokin inhibitory. IL-10 menurunkan presentasi antigen dan ekspresi MHC-II dan molekul kostimulator pada makrofag, mengakibatkan peredam dari respon imun.

IL-12 diproduksi oleh activated makrofag, sel B, dan sel dendritik. IL-12 menginduksi diferensiasi sel Th menjadi sel Th1 dan menguatkan fungsi sitolitik CTL dan sel NK.

IFN-α dan INF-β adalah sitokin yang diproduksi oleh makrofag, sel dendritik, dan banyak tipe sel lain. Mereka mendorong resistensi terhadap patogen viral dan mendorong kenaikan ekspresi MHC-I. IFN-γ adalah sitokin penting yang diproduksi utamanya oleh sel Th1, dan juga sel NK pada tingkat yang kecil. IFN-γ mendorong aktivasi APC dan imunitas dimediasi sel, dan meningkatkan ekspresi molekul MHC-II. IFN-γ memiliki sejumlah fungsi baik pada sistem imun innate maupun adaptive.

Kemokin adalah sitokin kemotaktik yang diproduksi oleh banyak jenis leukosit dan tipe sel yang lain. Mereka merepresentasikan keluarga besar molekul yang berfungsi dalam rekrut leukosit ke situs infeksi dan bermain peran dalan trafficking limfosit.

Kelompok lain sitokin yang bemain peran penting dalam sistem imun adaptive di antaranya IL-2, IL-4, IL-5, TGF-β, IL-10 dan IFN-γ. I:-2 adalah sitokin tipe I yang diproduksi utamanya oleh sel T helper, merupakan growth factor utama untuk sel T. IL-2 juga mendorong pertumbuhan sel B dan dapat mengaktivasi sel NK dan monosit.

IL-4 diproduksi oleh sel T dan sel mast, menstimulasi proliferasi dan diferensiasi sel Th2, dan menghambat perkembangan Th17. IL-4 juga menstimulasi kelas Ig switching ke isotipe IgE.

IL-5 adalah sitokin yang diproduksi oleh sel Th2, berfungsi mendorong pertumbuhan dan diferensiasi sel B dan eosinofil.

TGF-β adalah sitokin dan juga growth factor yang diproduksi oleh sel T, makrofag, dan banyak tipe sel yang lain. Ini utamanya adalah sitokin inhibitory, yang menghambat proliferasi sel T dan mengeblok efek sitokin pro-inflamasi.

Sumber: http://www.sinobiological.com/Cytokine-Network-a-1312.html

Bacaan lebih lanjut:

Download:

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s