Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Perjalanan ke Kebon Teh Ngargoyoso

Leave a comment


Minggu, 22 Juli 2007

Perkenalkan saya dan teman kost saya Fransicus Feby Handoko biasa dipanggil Cicus, berbagi catatan perjalanan ke Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah. Penggila petualang, bermodalkan informasi minimalis dari teman dan tanpa peta, berikut catatannya.

Yang jelas, baik saya maupun Cicus gak ada motor, akhirnya perjalanan kali ini pinjam motor Ika DR. Mbak yang baik hati dan sangat suka ma cowok ganteng, karena kita ganteng, makanya motornya boleh dipinjem. Ahaha, kita berdua juga ga punya kamera, akhirnya dapetlah kamera punya temen, milik cewek cantik asal Sumatra Barat yang kostnya di Wisma Wardani, Sekip Yogyakarta.

Berangkat pukul 6 pagi, masih agak gelap saat itu. Cicus pakai sweater silver, saya pake kemeja putih. Bawa slayer merah Mapala Satu Bumi-nya Teknik. Jalanan sepi dan lancar, pas lewat daerah Kalasan, matahari baru terbit di ufuk timur.

Akhirnya sampailah di Kota Solo. Sarapan dulu di stadion Manahan Solo, beli sate gladak. Suasana kayak Sunday Morningnya GSP lah, banyak penjual, banyak pembeli, banyak orang jalan-jalan santai dan olahraga. Sate gladak yang mahal, ga ada daging tapi harganya 7000 (saat itu harga segitu mahal lho, coz nasi padang pakai ayam aja masih 4000-an).

Lanjut, mulai deh adegan kesasar sana-sini. Pertama, kesasar dulu di Mojosongo. Niatnya sih mau lewat jalan pintas ga lewat Slamet Riyadi, dan langsung tembus Karanganyar. Tapi ujung-ujungnya juga tetep lewat Palur. Mampir di toilet mushola, kayaknya sate tadi selain mahal juga bikin sakit perut.

Lanjut, sampai akhirnya ketemu Terminal Tirtonadi. Udah ga jelas, pokoknya ada banyak jalur kereta ada simpang lima, kita putar balik. Dari arah terminal Tirtonadi lurus terus sampai arah ke patung bunderan arah mau ke UNS.

Jalan biasa lewat palur, tanya-tanya ke penjual kaki lima, tapi tidak meyakinkan akhirnya terus lanjut ke arah Karanganyar. Tanya-tanya kebon teh ke warga, gak tau, malah taunya pusat pengolahan teh. Terus masuk kota, akhirnya dapat pertigaan besar, ambil kiri.

Masuk daerah perkampungan, belokan, tanjakan, tikungan tajam, dsb. Ada orang mantenan banyak bgt. Terusss akhirnya dapat areal perwahan yang bagus bgt abis jembatan. Foto-foto bentar di sana.

Terus melanjutkan sampai di pasar Batujamus, baru sadar, oh ini lapangan yang dimaksud Miyanto. Terus ke arah atas dan mulai melewati daerah sesuai di foto-foto Rizal, sengkedan yang bagus, asap di hutan, dan kebon karet.

Terus-terus sampai kelewatan di daerah terminal Ngargoyoso. Akhirnya sadar kudu balik dan dapetlah ke pintu masuk kebon teh. Saat kesasar tsb mas Oki SMS kalo dia dapet medali emas di Pimnas Lampung, Alhamdulillah, video di PPT-nya bikinan gua tuh, haha.

Ada tanjakan tajam, motor hampir gak kuat, tapi akhirnya sampailah di kebon teh. Wah , pemandangan luar biasa. Seperti background walpaper. Foto-foto di sana, Cicus di telpon kakaknya (klausa ga nyambung dan info ga penting sebenarnya, haha).

Puas foto-foto, bikin laper, makan mi goreng. Lalu pulang.

Lewat jalan Batujamus, Jambangan, Grompol, dst. Di Jambangan kesasar dikit, dan sampailah di rel kereta api, dan jalan Solo-Sragen, masjid LDII, dan tugu Selamat Jalan Karanganyar. Jalanan agak jelek, saat itu Adi sms, gimana mok jalan2 ke Karanganyarnya? Haha….

Pulang lewat Ringroad Solo, hujan, trabas aja dan sampailah di Solo lagi.

Sampai Sukoharjo sudah agak sore, Ashar. Sholat ashar di masjid di daerah Klaten, masjid pinggir sawah. Sambil istirahat di sana. Terus pulang sampai jogja pukul 18an.

Hati puas bukan kepalang. Sudah menyelesaikan perjalanan ke luar kabupaten, tanpa guide, tanpa peta, dan akhirnya ketemu.

Terima kasih kepada teman-teman yang secara tidak langsung terlibat dalam perjalanan ini: Ika DR, Yona, Adi, Miyanto, Rizal, dan Mas Oki. Mana donk foto-fotonya? No pict, hoaxxx. Iya nih fotonya ada di Lampung, di komputer lama. Ha..ha..

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s