Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Pengalaman Mengantarkan Daftar Ulang di Pondok Gontor 1

1 Comment


Liburan 20 hari para Capel yang lolos ujian KMI gelombang 1 berakhir sudah. Maksimal 10 Syawal mereka yang sudah diterima di Gontor diharuskan mendaftar ulang langsung ke lokasi dimana dia diterima, di Gontor 1, 2, 3, 5, atau 6. Alhamdulillah adik saya diterima di Gontor 1, dan kami putuskan tanggal 8 Syawal (Ahad, 26 Agustus 2012) untuk menuju Ponorogo.

Foto0218Lagi-lagi, kereta Sancaka Pagi mengantar kami dari stasiun Tuguh ke Stasiun Madiun. Keluar dari stasiun Madiun jangan lupa ke ATM dulu karena ada sejumlah biaya yang harus disiapkan tunai, tidak bisa transfer via bank. Di stasiun Madiun ini tersedia ATM BNI, yang bisa juga untuk narik uang pake fasilitas ATM bersama. ATM-nya berada tepat di pintu keluar stasiun.

Perjalanan ke Ponorogo kami pilih jasa ojeg. Setelah tawar-menawar akhirnya dapat kesepakatan harga 45.000 rupiah/motor. Dipilihnya moda angkutan ini karena cepat dan tidak pakai oper-oper, langsung ke lokasi pondok. Saat itu juga saya belum tahu di mana lokasi tepatnya jalan ke pondok Gontor 1. Tapi ternyata sebenarnya ada fasilitas penjemputan di stasiun oleh panitia pondok, tapi karena tidak tahu, ya sudah, haha..

Perjalanan 45-60 menit sampailah kami di Gedung Al Azhar. Langsung menuju ke Gedung Saudi 1 untuk memulai “rangkaian” dafar ulang yang cukup melelahkan dan bikin deg-degan. Mengapa? Karena Gontor 1 luuuuawas banget. Berhektar-hektar, dan banyak gedung. Mana ini pertama kali masuk ke Gontor 1, juga bukan alumni Gontor jadi benar-banar buta arah.¬†Tapi tenang, di sana banyak panitia yang standby di depan gedung asrama, panitia ini memakai jas hitam dan dasi, dan dengan ramah memberi informasi dan solusi terhadap masalah-masalah kita.

Foto0246Ruangan pertama yang harus dituju tidak lain adalah Bapenta. Di sini akan di data nama dan asal, sambil menyerahkan ID card misal KTP untuk ditukar dengan name-tag Tamu. Kemudian menuju ruang Custom House yang lokasinya masuk ke lorong Gedung Saudi, di depan cafe Ramadhan. Siswa baru (kelas 1 atau 1 intensif) di lantai bawah, sedangkan siswa lama di lantai atas.

Di sana intinya adalah siswa didata dan menyerahkan koper untuk diperiksa. Barang-barang “terlarang” versi pondok tentu akan di sita, semisal baju kemeja berwarna mencolok/bermotif, alat elektronik, sabuk berkepala besar/norak, celana jeans, sepatu berwarna selain hitam, majalah/komik, dan masih banyak lagi.

Menariknya di custom house ini, para pengantar tidak diperbolehkan ikut masuk ruangan. Jadi siswa sendiri yang masuk sambil ditanya-tanyai. Menarik lagi, di sini rambut mereka akan digunting persis kayak guru SD yang memotong siswa berambut panjang. Kayaknya ini semacam “stempel” kalau siswa sudah masuk custom house. Di ruang ini siswa diminta mengeluarkan perlengkapan sholat yaitu sajadah, sarung, peci, dan kantong sandal. Keluar ruangan ini juga membawa kupon custom house yang nanti akan dipakai buat ambil koper.

Berikutnya pindah gedung untuk bayar daftar ulang. Sudah ada pos-pos sesuai nomor ujian kelulusan Gontor 2 gelombang 1 kemarin. Biaya sekitar x,x juta rupiah dan mendapatkan kuitansi yang juga harus disimpan baik-baik. Di sini petugas akan mengarahkan langkah berikutnya (yang ternyata lumayan panjang). Ke fotografi untuk foto (antre dan bayar jeban), ke administrasi untuk membuat rekening tabungan siswa (tabsis), dengan minimum setoran 20.000 rupiah, juga sediakan pasfoto. Lalu ke pengasuhan santri untuk menyerahkan buku kecil catatan selama liburan.

Baru kemudian ambil koper, masuk kamar sementara sesuai pembagian yang sudah di tempel di pengumuman. Kamar masih blong-blongan belum ada lemari atau kasur. Lemari bisa dibeli baik yang baru atau second, tentunya dengan harga yang berbeda. Untuk kasur, jika barang dari Gontor 2 dan dititipkan maka bisa diambil di Gontor 1.

Sekian, semoga bermanfaat.

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

One thought on “Pengalaman Mengantarkan Daftar Ulang di Pondok Gontor 1

  1. sy pengin ke gontor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s