Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Kenali Obat Anda: Tremenza

29 Comments


Tremenza adalah obat yang digunakan untuk meringankan gejala-gejala flu karena alergi pada saluran pernapasan bagian atas yang memerlukan dekongestan nasal dan antihistamin. Isi tiap tablet adalah Pseudoephedrine HCl 60 mg dan Triprolidine HCl 2,5 mg. Selain berupa tablet, juga tersedia sediaan sirup. Tiap 5 ml (1 sendok takar) Tremenza Sirup  mengandung Pseudoephedrine HCl 30 mg dan Triprolidine HCl 1,25 mg.

Pseudoephedrine adalah suatu dekongestan, berfungsi memperkecil saluran darah sehingga saluran pernapasan menjadi lebih lebar. Sedangkan triprolidin merupakan sautu antihistamin. Berfungsi mengurangi reaksi alergi (gatal di tenggorokan, sesak nafas dll karena flu) dengan cara menetralkan histamin. Histamin adalah zat amin vasoaktif yang dihasilkan karena terpicu reaksi ikatan alergen dengan Imunoglobin E. Histamin inilah yang menyebabkan berbagai reaksi tubuh yang disebut alergi tadi (Mekanisme hipersensitivitas tipe I baca sangat lengkap di sini).

Tremenza JANGAN digunakan untuk : 1) pengobatan penyakit saluran pernapasan bagian bawah (termasuk ASMA), 2) penderita yang hipersensitif atau alergi terhadap Tremenza atau komponen obat ini, 3) penderita dengan gejala hipertensi, glaukoma, diabetes, penyakit arteri koroner dan penderita yang mendapat terapi dengan penghambat monoamin oksidase (MAO).

Selama pengobatan dengan Tremenza, hati-hati bila mengendarai kendaraan bermotor atau menjalankan mesin. Pada wanita hamil dan menyusui harus sesuai petunjuk dokter karena efek Tremenza pada bayi belum diketahui. Jangan melebihi dosis yang dianjurkan. Bila gejala belum hilang atau timbul demam dalam waktu 2 hari, konsultasikan pada dokter. Tidak dianjurkan untuk anak dibawah 2 tahun kecuali atas petunjuk dokter. Hentikan penggunaan obat bila terjadi sukar tidur, jantung berdebar-debar atau pusing. Bagi yang menerima injeksi alergen, tidak boleh menggunakan obat ini. Selama minum Tremenza, jangan minum minuman yang mengandung alkohol, obat penenang dan obat lain yang menyebabkan rasa kantuk.

Efek samping Tremenza di antaranya : Mulut, hidung dan tenggorokan kering (sering sekali terjadi); Sedasi, pusing, gangguan koordinasi, tremor, insomnia, halusinasi, tinitus. Antihistamin dapat menyebabkan pusing, rasa kantuk, mulut kering, penglihatan kabur, rasa letih, mual, sakit kepala atau gelisah pada beberapa penderita.

Dosis yang umum diberikan :

  • Dewasa dan anak di atas 12 tahun : 1 tablet atau 10 ml, 3 – 4 kali sehari.
  • Anak-anak 6 – 12 tahun : ½ tablet atau 5 ml, 3-4 kali sehari.
  • Anak-anak 2 – 5 tahun : 2,5 ml, 3-4 kali sehari.

Dapat diminum dengan atau tanpa makanan.

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

29 thoughts on “Kenali Obat Anda: Tremenza

  1. Selain itu ada obat quantidex ini juga ampuh dan aman. Tp obat tidurnya dashat…langsung berat kpalanya pinginya tidur truss…ngantuknya ampyuuun deh. Ini harga di bawah tremenza

  2. Anak saya minum tremenza sebelum tidur, tidurnya gelisah & sering bangun. Nangis2 katanya sakit kepala. Apakah ini efek samping tremenza apa tidak cocok obat?

  3. Yg penting sembuh dulu bila sakitnya berlanjut, hubungi dokter :p

  4. Tremenza Bagus bagi yg ga masalah dg jantung n darah tinggi, namun yg bermasalah dg keduanya malah bikin gelisah n susah tidur

  5. Termenza t. O. P bgt dah

  6. baru2 ini saya mengkonsumsi obat ini, saya menjadi susah tidur, kepala saya menjadi semakin berat dan saya menggigil.

    • Rekan kami minum 1 tablet saja jantung sudah berdebar-debar, mungkin sebaiknya dikonsumsi setengah tablet saja. Tremenza dpt diminum sebelum/sesudah makan tapi lebih baik diminum sebelum tidur. Demikian pengalaman kami minum obat ini saat flu berat.

  7. Saya jg sering konsumsi obat ini,tp saya sering berfikir apakah klo keseringan minum obat ini ,apa ngk jadi ketergantungan,mengingat alergi dingin saya sering bgt klo pas musim hujan??

  8. sebelumnya saya lama konsumsi obat racikan dr salah satu apotek untuk alergi saya… ini pertama kali saya konsumsi tremenza,ternyata hasilnya cukup memuaskan saya! Dan efek sampingnya sama aja ngantuk berat…tapi saya sudah terbiasa dengan obat racikan yang dulu

  9. Sblm baca ini,sy sdh mengkonsumsi tremenza.recommended bgt buat yg lg flu 👍

  10. Apakah bisa untuk gejala flu disertai batuk juga?

  11. cocok bgt ma aku yg sering flu,sekali minum lgsg mampet melernya,trus bikin relax,ngantuk jd tidurny enak bgt (biasany aku susah tidur).

  12. ini istri sya sebelum sholat isya minum, hbs tarweh lgsg terasa aneh…….apa itu efek atau reaksinya…..??? skr msh sya suapi dngan makanan/ nasi yg hangat dan teh hangat, katanya pernafasannya tdk teratur

  13. Bsryu minmm obt ini lsagung nhgantuk…*

  14. ada efek ngantuk tapi tidurnya ga bisa lelap…😥 dan sudah 10 tablet (3hr) blm sembuh.. apa harus b eli lg diterusin?

  15. ngantuuuukkkk

  16. betul sekali…….ngantuknya engga ketulungan…….Tremenza

  17. baru tau langsung beli,, bener banget ngantuknya yang gak kuat.. maaciii..🙂

  18. terimakasih infonya,karena saya sedang menkonsumsi obat ini untuk hidung yang terus meler.

  19. Mujarab Emang Obatnya. tapi efek Ngantuknya gak nahan.. Hhahaha

  20. mujarab emang,, tapi efek ngantuknya.. gak nahan..

  21. Tapi apakah tidak ketergantungan…..????

  22. Angkatan flu minum sehari sekali aja langsung ngefek, tp g nahan ngantuknya

  23. anakku gak pernah tidur siang.pas minum obat ini langsung klepek2…lumayan biar dia istirahat supaya segera pulih dr pileknya

  24. manjur banget untuk pilek alergi>>tapi ngantuknya ga nahannnn……

  25. Beberapa waktu lalu aku dikasih tau temenku tentang obat ini,sekarang lagi menjalani pengobatan dengan Tremenza.

  26. Informasinya berguna sekali gan.. anak ane sering pake obat ini kalo lagi pilek.. trims..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 199 other followers