Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Interaksi Kandungan Kimia Herbal

1 Comment


Contoh pertama, Rheum palmatum (kelembak) mengandung senyawa antrakinon dan tannin. Padahal kedua kandungan tersebut sifatnya bertolak belakang. Antrakinon bersifat laksansia, sedangkan kita ketahui tannin bersifat antidiare. Namun, dengan teknologi ekstraksi hal ini bisa di atasi berdasarkan sifat polaritas kandungan kimia. Antrakinon bersifat nonpolar, sedangkan tannin bersifat polar sehingga dapat dipisahkan.

Contoh kedua, Curcuma xanthoriza (temu lawak). Pada tanaman ini terdapat kandungan curcuminoid dan minyak atsiri. Curcuminoid berkhasiat menurunkan kolestrol, sedangkan minyak atsiri berkhasiat menambah nafsu makan.

Cara pengolahan sederhana yang bisa dilakukan pada skala rumah tangga adalah sebagai berikut. Kita tentukan dulu, mau khasiat yang mana? Jika diinginkan khasiat antikolestrolnya, maka minyak atsiri harus dihilangkan. Caranya adalah ketika merebus temu lawak tutup panci wajib dibuka. Tujuannya suapaya minyak atsiri menguap dan tidak menambah nafsu makan. Banyak orang yang tidak tahu masalah ini, sehingga tetap memasak pada kondisi panci tertutup, minyak atsiri masih ada, eh malah nafsu makan meningkat, makan yang banyak kolestrol diemabat, tidak sembuh-sembuh jadinya.

Jika diinginkan khasiat penambah nafsu makan, maka ketika memasak harus ditutup pancinya.

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

One thought on “Interaksi Kandungan Kimia Herbal

  1. Efek antrakinon dan tanin pada rheum itu dominan tergantung pada dosis. Dan aktivitas produk herbal trend nya adalah tak bisa disederhanakan kan satu komponen. Phytocomplexes dengan multifactorial effect nya sekarang sedang ngetrend🙂 proses fraksinasi malah bisa menghilangkan aktivitas, alih alih memperkuat🙂 tapi itu spesifik untuk tiap spesimen….

    Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s