Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Cerita Seminar USM

Leave a comment


USM atau Universitas Sebelas Maret, oh salah ya… Walau paspor sudah dibuat sejak Juli 2011, namun baru terpakai Maret 2012. Kata teman, buatlah paspor maka akan mendekatkan Anda untuk segera ke luar negeri. Untung saya nurut aja omongan teman tadi, dan ternyata terbukti. Ke negeri Malaysia, bukan menjadi TKI lho. Kali ini membawa misi kampus untuk melakukan kerja sama kedua institusi antara Unsoed dengan USM, Universiti Sains Malaysia.

Bertolak dari Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, membawa rombongan tim FKIK terbang ke Jakarta, pagi itu. Sesampai di Soekarno Hatta, rombongan terpisah karena kapasitas pesawat yang sudah penuh. Dari semua peserta, saya adalah peserta termuda. Saat itu ada ibu dekan, pak PD I, kajur Kedokteran, Kesmas, sekjur farmasi, dan Kaprodi Gizi, dan wakil dari Keperawatan.

Kiri ke kanan: dr. Lantip, bu Erna, Heny Apt, dr. Joko, pak Arif, kepala kampus USM, dr, Retno, dr. Amalia, dr. Agung, pak Saryono Ns, Sarmoko Apt

Sarapan di bandara, nasi goreng pake ayam. Kok cepet amat disajikannya? Oh, ternyata masakannya sudah gak fresh, sudah dimasak lalu diangetin pake magic jar, makanya cepet. Nyam..nyamm…makan. Muter-muter bandara, urus imgrasi, dst jam 11 naik Malaysia Airlines. Sampai KL pukul 13, namun waktu sana sudah pukul 14. Transit lagi…sampai berjam-jam karena pesawat ke Kota Bharu terbang pukul 17.30. Sampai di Bandara Sultan Ismail Petra, Kelantan. Bandara kecil yang toiletnya lumayan jorok, beda sekali dengan Bandara KL atau Adi Sutjipto.

Welcome to Kelantan, negara bagian Malaysia yang beribukota di Kota Bharu. Apakah ada Manohara di sini? OO..dia sudah didepak dari istana dan lebih memilih jadi selebritis ternyata. Kota-nya kecil, lumayan tidak tertata, bagusan tata kota Jogja. Tapi lumayan di sana jalan-jalannya lebar, tidak macet, dan jam siangnya panjaaaang banget (lebay). Jam 20.00 masih kayak kita jam 18.00, jadi sholat Maghribnya jam 19.45 waktu sana.

Hari pertama, alias malam pertama, adalah makan malam sambil ada presentasi profesor dokter pediatrik. Mempresentasikan penyakit genetik DMD (Dunchene Muscular Dysfunction) yang masih sepi penelitinya. Dengan tema “Please experiment on me, Docter” cukup membuat kami tersentak betapa mereka para balita yang menderita penyakit ini memerlukan bantuan dari para peneliti untuk mendapatkan obat yang tepat.

Di sambut juga oleh profesor Zilfalil bin Alwi, seorang pakar perunding kanan kanak-kanak dan pakar genetik perubatan (bahasa malay.com). Sosok yang hangat, bijaksana, dan ramah. Makan malam dengan menu seafood yang lezat, saya hampir menghabiskan satu piring cumi dan udang. Nyammmm….

Hari pertama, acara seminar dimulai. Tema yang dibawakan adalah dalam bidang Neuroscience, di susul Penyakit genetik, DMD, dan Thalasemia. Juga ada presentasi dari Prof Habibah (Pharmacist bo’ !!) tentang tumbuh-tumbuhan di Malaysia dan pengembangan obatnya. Terakhir adalah tentang riset-riset yang sedang dijalankan di USM.

Hari kedua, acara seminar dari pihak Unsoed. Menampilkan penelitian unggulan FKIK Unsoed dai berbagai jurusan, Kedokteran, Farmasi, Kesmas, Keperawatan, dan Gizi. Setelah itu penandatanganan LOI kedua institusi, juga pemutara video Begalan Banyumas yang sarat makna, streaming dari situs tercinta, Youtube.com.

Setelah itu kunjungan ke Hospital USM yang luasnya minta ampun. Jadi di sana FK-nya adalah di RS, bangsal pasien satu atap dengan ruang kuliah. Jadi sejak semester I sudah kenal RS. Sekolah pergigian (KG maksudnya), keperawatan juga ada di sini. Namun sayang sekali Farmasinya ada di kampus pusat di Penang.

Hari ketiga, pulang ke Indonesia. Turun di Jogjakarta, cuacanya cerah dan saya terpukau melihat pemandangan luar biasa dari atas, mulai dari pantai, pegunungan, candi, jalan-jalan, wow, indah sekali. Jogja memang istimewa.

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s