Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

From Zero To The Expert

Leave a comment


Belajar imunologi bisa dikatakan ibarat memasuki hutan lebat di sana. Ilmu yang lumayan ribet dan bikin pusing bagi yang tidak sabar. Tapi itu tidak boleh menghalangi untuk terus mempelajarinya. Setidaknya sejak pengumuman ploting dosen Kamis lalu (12/1), bahwa saya akan mengajar imunologi semester depan, sudah terkumpul niat untuk menaklukannya.

Sesampai di Jogja, langsung bertemu dengan Handout kuliah dosen sewaktu S1 dulu. Catatan kuliah yang tidak begitu jelas cukup membawa kepusingan tersendiri. Mencoba baca buku Toll Like Receptor yang saya beli waktu seminar ICPAPS tahun lalu, wow cukup membuat rambut keriting (terlalu Advanced dan translatennya tidak cukup baik). Baca buku Imunologi Dasar Bratawidjaja edisi tua, wah kok seperti ini bahasanya. SMS mahasiswa atas untuk mencarikan bahan kuliahnya dulu juga sudah dilakukan.

Intinya, segala cara sudah dilakukan, dan setidaknya sudah 2 hari ini intens berhubungan cukup mesra dengan imunologi (berpaling sejenak dari kanker yang biasanya tiap hari ditemui). Download jurnal-jurnal juga sudah dilakukan, mulai dari Nature Review Immunology, Annual Review dan Autoimmunity Review, cuman sampai saat ini belum terbaca. Hari ini pun ke toko buku untuk membeli buku Imunologi Dasar edisi 9, yang tebalnya hampir mengimbangi Farmakope (752 hal). Besok rencana mencetak ebook Immunology karya pak Abbas di Digibook. Semangat !!

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s