Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Regulasi Molekuler dari Checkpoint Siklus Sel (II)

Leave a comment


Checkpoint siklus sel adalah mekanisme monitor jalur regulasi sel dan struktur DNA sebelum sel memasuki fase berikutnya. Aktivasi checkpoint terhadap kerusakan DNA memicu cell cycle arrest, sehingga mengizinkan perbaikan dari DNA yang rusak, atau memicu kematian sel via apoptosis. Belakangan tahun terakhir, banyak gen telah terindetifikasi yang terlibat dalam regulasi pada respon kerusakan DNA dan berhubungan dengan checkpoint jalur kerusakan DNA.

Jalu respon kerusakan DNA mamalia terdiri dari beberapa famili protein kinase. Dua anggota dari famili fosfoinositol kinase (PIK), Ataxia Telangiectasia Mutated (ATM) dan ATR, keduanya berbagi domain kinase COOH-terminal yang memiliki urutan homologi yang signifikan pada domain katalisis mamalia dan famili yeast PIK dan pusat dari cascade transduksi sinyal (Gambar 3).

ATM dapat berikatan secara langsung dengan ujung DNA bebas dan beraksi sebagai sensor kerusakan DNA sebagai tanda kontrol chekpoint siklus sel. Gen ATM termutasi pada famili degenerasi neural dan kanker predisposisi sindrom Ataxia Telangiectasia (AT). Sel yang diperoleh dari pasien AT mengalami kerusakan pada checkpoint kerusakan DNA pada G1, S, dan G2 dan sangat sensitif tehadap agen yang menyebabkan pecahnya DNA double strand seperti iradiasi gamma.

PIK mamalia berikutnya adalah ATR membawa chekpoint berhubungan dengan fungsi yang secara sebagian overlap dengan yang ditunjukkan oleh ATM. Peran utama dari ATM dan ATR pada jalur kerusakan DNA telah ditunjukkan pada kemampuan mereka mengaktivasi p53 dan kinase checkpoint lainnya yang akan dibahas kemudian.

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s