Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Peran Cdc25 dalam Kontrol Checkpoint G2-M (IV)

Leave a comment


Cdc25 adalah salah satu komponen pengatur yang sudah dikarakterisasi dengan baik pada siklus sel eukariot. Ada 3 homolog Cdc25 pada manusia yaitu Cdc25A, B, dan C. Tiga fosfatase ini kira-kia 50% homologi pada level urutan asam amino. Ini menunjukkan fungsi fosfatase yang berbeda pada regulasi siklus sel. Aktivitas Cdc25A diperlukan untuk memasuki fase S, sedangkan aktivasi Cdc25B dan C diperlukan untuk regulasi masuk ke mitosis.

Cdc25C terkarakterisasi dengan sangat baik pada regulasinya di G2-M dengan aktivasi Cdk1. Pada manusia dan yeast, penghambatan fosforilasi pada Cdk1 diperlukan untuk cell arrest pada G2 setelah kerusakan DNA atau pengeblokan replikasi. Walaupun kerusakan DNA diinduksi aktivasi Wee1 kinase mungkin bertanggungjawab pada penghambatan fosforilasi dai Cdk1 banyak bukti pada manusia dan yeast checkpoint pada regulasi negatif dari Cdc25C sebagai kejadian mayor pada kontrol G checkpoint.

Telah ditunjukkan bahwa Cdc25C difosforilasi pada Ser216 pada sel asynchronously dan melalui fase G1 dan S pada siklus sel. Selama mitosis, Ser216 menjadi defosforilasi dan Cdc25C hiperfosforilasi pada NH2-terminal residu serin dan treonin. Ini menunjukkan bahwa mitotik hiperfosforilasi Cdc25C pada Ser216 melalui interfase pengaturan negatif Cdc25C. Efek negatif dari fosforilasi Ser216 dimediasi oleh pengikatan 14-3-3, dengan sequester Cdc25 di sitoplasma dan hasilnya pada penurunan akses Cdc25C pada Cdk1. Kemudian, diajukan bahwa kerusakan DNA hasilnya pada inaktivasi Cdc25C dengan meningkatnya fosforilasi Ser216. Dua checkpoint kinase, Chk1 dan Cds1, telah dijelaskan untuk fosforilasi Cdc25C pada Ser216 in vitro untuk merespon tekanan genotoksik menyarankan bahwa Chk1 dan Cds mungkin mengatur kerusakan DNA induksi G2 checkpoint dengan inaktivasi dari Cdc25C untuk mencegah masuknya mitotik.

Referensi

 

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s