Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Insulin-like growth factors

Leave a comment


Insulin-like growth factors (IGF-I dan IGF-II) adalah polipeptida dengan struktur yang homolog dengan proinsulin. IGF meregulasi proliferasi dan diferensiasi pada sejumlah besar tipe sel dan juga memiliki kemampuan untuk mengerahkan efek metabolik menyerupai insulin. Pengerahan efek ini pada tingkat seluler dilakukan dengan berinteraksi pada reseptor IGF-I dan IGF-II serta reseptor insulin.

Sebagai tambahan, IGF binding proteins (IGFBPs) bisa memodulasi bioaktivitas dari IGF yang timbul dari sumber – sumber endokrin dan parakrin secara in vivo. Telah dilaporkan sebelumnya bahwa IGF-I berperan sebagai agen angiogenesis pada kornea dan retina kelinci. Meskipun aksi dari IGF-II secara in vivo masih kurang jelas, terdapat fakta bahwa IGF-II adalah bentuk dominan dari IGF pada perkembangan janin ketika vaskulogenesis aktif terjadi, yang menunjukkan aktivitas angiogenesis dari IGF-I.

Referensi

Bae MH, Lee MJ, Bae SK, Lee OH, Lee YM, Park BC, Kim KW., Insulin-like growth factor II (IGF-II) secreted from HepG2 human hepatocellular carcinoma cells shows angiogenic activity, Cancer Lett. 1998 Jun 5;128(1):41-6. [link]

Diterjemahkan oleh Fikriansyah, Minggu 18 Des 2011 di Laboratorium Parasitologi, Fakultas Kedokteran UGM, Yogyakarta.

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s