Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Apoptosis

Leave a comment


Apoptosis merupakan kematian sel secara terprogram. Adanya kecacatan pada regulasi molekuler apoptosis merupakan salah satu hal terpenting karakteristik kanker (Hallmark of cancer). Apoptosis adalah bentuk kematian sel yang sudah dikarakterisasi dengan baik, dibanding bentuk kematian sel yang lain misal autofagi dan mitotic catastrope. Regulator positif dari apoptosis seringkali hilang atau inaktif, sebaliknya protein inhibitor apoptosis seringkali mengalami upregulasi pada sel kanker.

Sel lahir (via proliferasi) dan sel mati, adalah dua endpoint dalam kontrol homeostasis jaringan pada organisme multiseluler. Kekacauan pada proses tersebut membawa pada dampak patofisiologis seperti malformasi, penyakit neurodegeneratif, penyakit imun, dan kanker. Sampai sekarang, kematian sel dianggap hanya sebatas dikotomi apoptosis dan nekrosis.

Apoptosis adalah inherent, suatu kematian sel secara terprogram, sedangkan counterpartnya yaitu nekrosis adalah lebih chaotic dan jalan kematian karena kecelakaan. Bagaimanapun, perkembangan terakhir bahwa bentuk lain dari kematian sel selain apoptosis, pun dipertimbangkan sebagai penjelasan dari proses kematian sel.

Kematian sel secara terprogram memiliki fungsi penting yaitu menjaga organisme terhadap serangan yang tidak diinginkan atau membahayakan sel. Berdasarkan paradigma sekarang, apoptosis yang inaktif adalah pusat dari perkembangan kanker dan respon terapi. Resistensi kematian, khususnya apoptosis akan memicu terjadinya proses peting dalam proses karsinogenesis. Akumulasi kesalahan genetik pada sel yang membelah karena kerusakan secara kuantitatif dan kualitatif pada replikasi DNA memicu instabilitas genomik.

Jalur apoptosis

Sedikitnya ada dua jalur menuju apoptosis yaitu yang berkair pada mitokondria dan dikendalikan oleh keluarga protein Bcl-2 (jalur intrinsik atau jalur mitokondria) dan jalur yang mengaktifkan caspase di hulu melalui Fas dan Fas-L (jalur ekstrinsik).

Read more: Full Text : mekanisme-dan-regulasi-apoptosis1 revisi 13

Referensi

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s