Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Cerita di Penghujung September

2 Comments


Ada apa dengan bulan September? Jika Anda dulu kelas B angkatan 2004, waktu semester 3 pasti ingat lagunya Green Day yang judulnya “When September Ends”. Saat itu tahun 2005, hari Selasa kalau tidak salah. Lagi kuliah Mikrobiologi diajar oleh bu Silvy. Ada aturan maksimal telat 15 menit, lebih dari itu ada hukuman. Opss, jam menunjukkan pukul 7.20, seorang mahasiswa sebut saja Mr DR membuka pintu dan minta izin masuk. Yah, apes. Karena sudah menjadi kesepakatan, Mr DR akhirnya dapet hukuman nyanyi. Tak tanggung2, nyanyi lagu Green Day, petikan liriknya seperti ini:  Summer has come and passed, The innocent can never last, wake me up when September ends.

Jika Anda melihat video ini di Youtube, ada sejumlah 14,169,032 orang telah melihat video ini. Wow, jumlah fantastis menurutku. Dalam video klip dikisahkan seorang pemuda yang mempunyai kekasih. Mereka mencintai satu sama lain, walau kehidupan ekonomi yang kurang dan rakyat biasa.

Ada aturan dari negara, yaitu wajib militer bagi para pemuda. Jika dilihat dari liriknya, ayah pemuda tersebut juga seorang tentara, yang sudah 20 tahun tidak kembali ke keluarga. Dan aturan wajib militer tersebut datanglah ke pemuda tersebut. Saat itu, digambarkan sedang ada pertempuran dengan negara AS dengan negara di timur tengah. Video ini jelas memberikan sindiran kepada pemerintah AS yang terlalu ambisius memerangi suatu negara, dengan mengambil tentara dari rakyat tidak mampu secara paksa. Hingga akhirnya, tidak jelas saya menangkap apakah pemuda tersebut gugur atau tidak, yang jelas perang tersebut telah memisahkan dua manusia yang saling jatuh cinta.

Back to topic…Se isi kelas pun riuh, tertawa geli melihat dia bernyanyi. Akhirnya lagu pun berakhir, dan Mr DR duduk di bangku ruang 1.

Pertanyaannya, siapakah Mr DR???

[tulisan untuk teman2 kelas B 2004 yg saat ini belum bisa hadir di acara lustrum Farmasi UGM]. mungkin 5 tahun lagi kita bisa komplit lagi dan cerita ini tetap menjadi kenangan indah yang tidak lekang oleh ruang dan waktu.

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

2 thoughts on “Cerita di Penghujung September

  1. Nggak tau kenapa jadi bisa bayangin …. Gelinya kayak gimana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s