Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Pengalaman Jaga Ujian (bagian Pertama)

Leave a comment


Kamis pagi (30/6), gunung Slamet dengan gagah berdiri menterang di arah utara. Cerah memang, tidak ada awan menutupi dan matahari pagi memamerkan sinarnya kala itu. Jalan kaki menyusuri jalanan yang masih sepi di kompleks perumahanan Limas (kalo gak salah). Tidak sampai 7 menit, sampailah di depan gerbang MM Pasca. Eits..ternyata pintu gerbang tidak menutup sempurna, diam dulu sejenak membayangkan apakah badanku cukup langsing menerobos celah sempit itu. Ah, ternyata berhasil. Cukup cerdas memotong jalan beberapa meter dan sampailah di kompleks kampus FKIK.

Setelah perjalanan malam sebelumnya yang cukup melelahkan, sampai juga di kosan baru. Disambut oleh ibu kos dan bapak kos yang ramah. Biasalah, tanya-tanya dari mana asalnya, kuliah di mana, tadi naek apa, dsb. Dianterlah sampai depan kamar oleh mereka berdua, sambil bukain pintu dan nyerahin kunci. Tiba-tiba bapak kost nya nyeletuk “Mah, masnya ini kok mirip xxxx ya (sensor red.)”. Ough… nama yang pernah aku dengar sepertinya. “Lho, masnya kenal dia juga? Iya itu masih saudara ma saya, anaknya memang agak unik tapi dia anak yang baik” sambung ibu kost..

Cukup intermezo-nya, dan tiba-tiba sampailah di lantai 2. Jaga ujian Farmakoepidemiologi. Istilah yang sering aku dengar, tapi belum tahu apa dalemannya. SMS teman yang kerja di RS Akademik UGM, dia reply “itu mempelajari penyakit di masyarakat”. Oh, pas iseng liat dan baca soal, hmm..sepertinya menarik juga. Walau gak dapet matakuliah ini pas S1, tapi dikit2 bisa meraba-raba apa content-nya. Ada istilah adverse drug reaction, adverse drug event, dan pharmacovigilence. Istilah terakhir ini tambah sering denger lagi. Kemarin pas ada simposium di ITB ada seorang profesor dari India, mempresentasikan tema ini. Sebelumnya setelah lulus apoteker, pas interview dengan Dirut Indofarma juga ditanya-tanya pharmacovigilence/post marketing surveilance ini, jadi nyambunglah dikit2.

Soal dari dosen pertama sih cuma 3 baris, tapi lampirannya 7 lembar. Lampiran berupa suatu artikel dari jounal JAMA tentang profilaksis menggunakan chlorhexidine gluconate untuk mencegah infeksi nosokomial. Daripada bengong liatin anak-anak yang pada serius ngerjain soal, iseng menyimak cerita dari penulis dalam tulisan papernya.

Soal dari dosen kedua, sama dari paper Jurnal dengan judul “Clarifying Adverse Drug Events: A Clinician’s Guide to Terminology, Documentation, and Reporting”.

Referensi:

JAMA.full

anal

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s