Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Afinitor: Novartis (Drug Review, Strategi Blue Ocean)

Leave a comment


Why: Memahami jalur molekuler penyakit langka can shed light on common ones.

Key innovation: Diperkenalkan pertama kali sebagai obat untuk pasien dengan tumor otak jinak yang berhubungan dengan gangguan genetik tertentu. Sekarang obat ini disetujui untuk pengobatan kanker ginjal dan dalam pengujian untuk jenis kanker tipe lainnya.

Technology:

Pertama kali, FDA menyetujui Afinitor sebagai obat treatment pertama untuk pasien benign tumors yang dihubungkan dengan kerusakan genetik yang langka. Perusahaan juga menunjukkan kesuksesan dalam  small clinical trial pada eksperimen desain obat untuk mengobati Fragile X Syndrome, yaitu suatu kerusakan genetik yang menyebabkan mental retardation dan autism.

Market:

Afinitor telah disetujui untuk pasien dengan subependymal giant cell astrocytoma (SEGA), yaitu suatu benign brain tumor yang dihubungkan dengan tuberous sclerosis (TS), dimana pasien memerlukan intervensi terapeutik namun tidak ada kandidat untuk curative surgical resection. TS adalah kerusakan genetik yang menjangkiti sekitar 25,000-40,000 orang di US, sedangkan  SEGAs terjadi sampai 20% pasien dengan TS.

Strategi:

Daripada fokus pada obat yang pasarnya luas, saintis di Novartis’s Institute for Biomedical Research malah memeriksa jalur molekuler pada penyakit langka, dengan harapan dapat mengatasinya. Sebagai contoh, perusahaan mengembangkan pengobatan auto-antiinflamasi yang terjadi 1 dari 1 juta penduduk dunia. Namun, target obat juga berpengaruh pada serangan gout yang menimpa 10 juta orang di dunia.

Tantangan dan langkah selanjutnya:

Walaupun perusahaan kini puas pada ceruk pasar yang sempit, namun perusahaan perlu juga membuat obat karena kerusakan genetik yang umum terjadi misal hipertensi atau diabetes.

 

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s