Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Penghambatan Angiogenesis

Leave a comment


Angiogenesis adalah pembentukan pembuluh darah baru (new blood vessels). Proses ini melibatkan koordinasi antara proliferasi, migrasi, dan survival dari tipe multiple cell, termasuk sel endotelial, pericytes, dan sel otot polos pembuluh darah. Sejumlah fungsi normal sel memerlukan angiogenesis termasuk pertumbuhan, perkembangan, reproduksi, dan penyembuhan luka.

Tumor-mediated angiogenesis

Tumor berukuran kecil semakin lama berkembang dan proses ini memerlukan nutrisi dan oksigen. Pada mulanya, nutrisi dan oksigen disuplai oleh diffusi dari jaringan sebelahnya. Namun, tumor harus mencari pembuluh darah baru untuk berkembang lebih besar lagi. Akhirnya, tumor akan terus membesar dan memerlukan pembuluh darah baru dan menyusup secara langsung ke tumor.

Potensi Sel Tumor bermigrasi dan Metastasis

Pada akhirnya, sel-sel tumor dapat memperoleh akses ke sistem peredaran darah melalui pembuluh yang baru juga pembuluh darah yang telah ada. Proses migrasi sel tumor dan metastasis dapat menyebabkan kolonisasi tumor sampai ke organ-organ yang jauh.

Peran Receptor Tyrosine Kinases (RTKs)

Sel tumor promote angiogenesis dengan melepas beberapa growth factors yang dapat mengaktifkan RTKs yang terekspresi pada sel pembuluh darah, termasuk sel endothelial, pericytes, dan vascular smooth muscle cells. Aktivasi RTK meng-inisasi intracellular signaling cascades. Aktivasi RTK yang terkespresi pada tipe sel ini menstimulasi  angiogenesis, yang akan mempromosikan pertumbuhan tumor, survival, dan metastasis.

Peran FGFR, PDGFR, dan VEGFR

Beberapa growth factors, termasuk fibroblast growth factor (FGF), platelet-derived growth factor (PDGF), dan vascular endothelial growth factor (VEGF), promote signaling dari proangiogenic. RTKs untuk growth factors ini secara selektif terekspresi pada permukaan sel vascular. Sebagai contoh, sel endothelial mengekspresikan FGFR dan VEGFR, pericytes mengekspresikan PDGFR, dan vascular smooth muscle cells mengekspresikan FGFR dan PDGFR (Hilberg et al., 2008). Aktivasi reseptor ini akan menginduksi signaling intraseluler cascade yang dapat memicu proliferasi, migrasi, dan  survival pada tipe sel ini selama angiogenesis.

Daftar bacaan

slide angiogenesis oke

BIBF 120

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s